Anak-Anak Terang Menurut Alkitab

Pendahuluan

Alkitab menyebut "anak-anak terang" sebagai mereka yang telah ditebus dan hidup dalam terang Kristus. Istilah ini tidak hanya menggambarkan status spiritual tetapi juga gaya hidup yang mencerminkan kejujuran, keterbukaan, dan komitmen penuh terhadap ajaran Yesus. 
Anak-Anak Terang Menurut Alkitab
Artikel ini akan membahas lebih dalam mengenai siapa saja yang disebut sebagai anak-anak terang menurut pandangan Alkitab dan bagaimana kita dapat menjalani hidup sesuai dengan identitas tersebut.

(1) Mereka yang Ditebus oleh Yesus Kristus dari Kegelapan

Menurut Alkitab, istilah "anak-anak terang" merujuk pada mereka yang telah ditebus oleh Yesus Kristus dari kegelapan. Dalam Efesus 5:8, disebutkan bahwa dahulu kita gelap, tetapi kini kita telah menjadi terang di dalam Tuhan. Yohanes 8:12 juga menjelaskan bahwa Yesus adalah terang dunia yang menerangi hati kita. Dengan demikian, mereka yang telah ditebus dari kegelapan oleh Yesus Kristus disebut sebagai anak-anak terang.

Penebusan dan Hidup yang Baru

Penebusan oleh Yesus Kristus membawa kita keluar dari kegelapan menuju terang, yang merupakan simbol kehidupan rohani yang baru. Anak-anak terang identik dengan kehidupan yang penuh dengan terang dan kejujuran. Identitas sebagai anak-anak terang seharusnya menjadi jati diri kita. Ketika kita berhadapan dengan orang-orang yang tidak suka akan terang, kita harus sadar bahwa kita adalah anak-anak terang dan harus memisahkan diri dari kegelapan.

(2) Mereka yang Selalu Berjalan Mengikuti Kristus

Anak-anak terang adalah mereka yang hidupnya selalu berjalan mengikuti Kristus. Dalam Yohanes 8:12 dan 12:46, dikatakan bahwa siapa yang mengikuti Kristus tidak akan berjalan dalam kegelapan, tetapi akan memiliki terang kehidupan. Anak-anak terang hidup dengan kejujuran dan keterbukaan. Matius 5:14-16 menggambarkan kita sebagai lampu yang ditempatkan di atas kaki dian untuk menerangi dunia.

Hidup dalam Keterbukaan dan Kejujuran

Esensi anak-anak terang adalah hidup dalam keterbukaan. Mereka tidak akan menyembunyikan dosa atau membagi hidup mereka ke dalam sekat-sekat budaya. Contohnya, seorang Kristen sejati tidak akan hanya rohani pada hari Minggu dan hidup dalam kegelapan pada hari-hari lainnya. Anak-anak terang selalu bersemangat untuk melawan kegelapan dalam semua aspek kehidupan mereka.

Contoh dari Kehidupan Nyata: Ahok

Sebagai contoh nyata, Basuki Tjahaja Purnama, yang dikenal sebagai Ahok, dalam kesaksiannya menyatakan bahwa dia terjun ke politik pada tahun 2003 karena ingin melawan kegelapan. Ketika dia dihadapkan pada tawaran untuk membayar sejumlah uang demi mendapatkan kekuasaan, dia menolak dan memilih untuk hidup dalam terang, berkat dukungan dan keyakinan yang diberikan oleh istrinya.

(3) Mereka yang Komitmen Mengikuti Jalan Kristus

Anak-anak terang adalah mereka yang hidupnya benar-benar komitmen dan diubah 180 derajat ke arah Kristus. Ini berarti cara pandang, sikap, dan kesukaan mereka semuanya diarahkan kepada Kristus. Orang-orang seperti inilah yang disebut anak-anak terang, sesuai dengan apa yang Yesus katakan dalam Yohanes 12:36.

Transformasi Penuh dalam Kristus

Mengikuti Kristus berarti menjalani transformasi penuh, dimana hidup kita menjadi cerminan dari terang Kristus. Dalam segala hal yang kita lakukan, kita harus menunjukkan komitmen untuk hidup dalam terang dan menjauh dari kegelapan.

(4) Mereka yang Membawa Kabar Keselamatan kepada Bangsa-Bangsa

Anak-anak terang juga adalah mereka yang selalu membawa kabar keselamatan kepada bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. Dalam Kisah Para Rasul 13:47, kita diperintahkan untuk menjadi terang bagi bangsa-bangsa, membawa kabar baik tentang keselamatan dalam Yesus Kristus.

Menjadi Terang bagi Dunia

Pada saat kita menerima Yesus sebagai Tuhan, Roh Kudus bekerja dalam hidup kita dan menjadikan kita anak-anak terang. Terang ini mendorong kita untuk mengabarkan kabar Kristus dan menyelamatkan orang-orang yang hidup dalam kegelapan. Dimanapun kita berada, kita harus bersemangat mencari jiwa dan membawa mereka kepada terang Kristus. Gereja kita akan bertumbuh bukan karena siapa pendetanya, tetapi karena semangat kita untuk mencari jiwa.

Kesimpulan

Inilah empat hal yang Alkitab katakan tentang esensi anak-anak terang. Ketika Kristus berkata "Akulah terang dunia", kegelapan ditelan oleh terang dan segala dosa terungkap. Dalam Kristus, tidak ada dosa yang tersembunyi karena Dia adalah terang itu sendiri.

Next Post Previous Post