KEBANGKITAN KRISTUS ADALAH FAKTA !!


FAKTA 1. KEMATIAN KRISTUS.

Yesus benar-benar telah mati di kayu Salib, hal ini berdasarkan catatan Injil dan surat rasul-rasul yang memberikan deskripsi peristiwa kematian itu. Sejak Yesus ditangkap, diadili dan disiksa serta puncaknya saat disalibkan di kayu salib. Kalaupun ada hal yang dianggap kontradiksi itu hanya detail sekunder tanpa menghilangkan inti kisahnya. Dan ini bisa dijawab dengan memahami gaya sastra dan konteks dari ayat-ayat tersebut.
KEBANGKITAN KRISTUS ADALAH FAKTA !!
otomotif, gadget
Bukti-buktinya begitu melimpah dengan dukungan catatan bapa-bapa gereja, literatur rabinik dan sejarawan kuno yahudi/romawi. Bahkan didukung oleh temuan-temuan arkeologi yang mengkoroborasi kisah itu benar terjadi.

1. Flavius Yosefus (Yosef ben Matthias; ± 37/38 – setelah 100 M), seorang sejarawan Yahudi, didalam Antiquitates Judaicae bagian 18.63-64 (Testimonium Flavianum) menuliskan:

“Kira-kira pada waktu ini, hiduplah Yesus, seorang yang bijaksana,…Setelah mendengar dia dituduh oleh orang-orang terkemuka dari antara kita, maka Pilatus menjatuhkan hukuman penyaliban atas dirinya…”

2. Berdasarkan sumber-sumber rabinik Yahudi (ditulis dalam periode Tannaitik; selambatnya ± 220 M), misalnya di dalam Talmud Babilonia, Sanhedrin 43a, dituliskan,“..pada Sabat perayaan Paskah, Yeshu orang Nazaret digantung…”

3. Mara bar Sarapion dari Samosata (ditulis sekitar ± 73 M), seorang filsuf stoik berkebangsaan Syria, di dalam surat kepada anaknya menuliskan, “atau apa keuntungannya ketika orang-orang Yahudi membunuh raja mereka yang arif,…”

4. Lucian dari Samosata (sekitar tahun 115-200 M), seorang satiris, dalam The Passing of Peregrinus, menuliskan,

“…juga orang yang disalibkan di Palestina karena memperkenalkan kultus baru ini ke dalam dunia, kini masih mereka sembah.” Lucian menggambarkan orang-orang Kristen “...menyembah sofis yang disalibkan itu sendiri dan hidup di bawah hukum-hukumnya.”

5. Cornelius Tacitus (± 55/56 – sekitar 120 M), seorang senator dan sejarawan Roma yang termasyur dengan dua karya sejarahnya, Histories (sekitar ± 105-110 M) dan Annals (sekitar ± 116/117 M), menuliskan di dalam Annals 15.38-44:

“Karena itu, untuk menepis kabar angin itu, Nero menciptakan kambing hitam dan menganiaya orang-orang yang disebut ‘orang-orang Kristen’,… Kristus, dari mana nama [Kristen] itu berasal, telah dihukum mati dalam masa pemerintahan Tiberius ditangan salah satu procurator kita, Pontius Pilatus,…”


--------------------------
Artifact No. 1 (ditemukan tahun 1961): The Pontius Pilate Inscription

Inskripsi ini tertulis Yesus mati di salib sama seperti yg dituliskan oleh penulis sekuler kuno Josephus (37 – 100 AD), Tacitus (55 – 115 AD), dan penulis2 PB.


Artifact No. 2 (ditemukan tahun 1990): The ossuary of Caiaphas, the high priest. The richly ornate ossuary is inscribed 2-times with the name “Joseph of the family of Caiaphas”. Josephus matched the inscribed name, “Joseph, who was also called Caiaphas, of the high priesthood” [Antiquities 18.4.3]. Caiaphas looked into Jesus’ eyes on the day he died on the cross.


Hershel Shanks pendiri BAR (Biblical Archaeology Review) menuliskan sebuah buku berjudul "In the temple of Solomon and the Tomb of Caiaphas," pada hal 44, “Joseph of the family of Caiaphas” memberikan pemahaman yg jelas ttg inskripsi tsb.

Artifact No. 3 (discovered in 1941): The ossuary of Alexander, son of Simon of Cyrene. The ossuary of Alexander, son of Simon of Cyrene, ditemukan pada sebuah gua yg diperkirakan dibuat sebelum thn 70M. Simon dari Kirene yg memikul salib Yesus (Markus 15:21). Artifact ini terbukti asli berdasarkan perkiraan usianya seperti yg disebutkan dlm the London Sunday Times, tgl 31 Maret 1996.


Artifact No. 4 (ditemukan thn 1968) The Ossuary Giv'at ha-Mivtar

Berupa tengkorak dgn nama Yehohanan yg jelas telah disalib yg memberi petunjuk tidak langsung ttg kematian Yesus. Diperkirakan berasal dr tahun 20-an yaitu semasa pemerintahan Pilatus Gubernur Romawi.

Artifact No. 5 The Alexamenos Graffito

Berupa grafiti pd abad awal yg berisi sindiran terhadap pengikut Kristus dan ini memberi petunjuk ttg salib Yesus


Teori alternatif (Swoon Theory) yg mengatakan bhw Yesus hanya pingsan, jelas bertentangan dgn bukti2 medis berdasarkan deskripsi kisah penyiksaan Yesus. Beberapa ahli medis telah meneliti hal ini, menyatakan secara tegas akibat cambukan & siksaan lainnya secara medis akhirnya Yesus memang benar-benar mati. http://www.apologeticspress.org/APContent.aspx?category=13&article=145. Point bantahan paling kuat yaitu: Seandainya Yesus memang hanya pingsan lalu keluar dr kubur tentu dgn tubuh yg luka2 dan kondisi yg sangat lemah/memprihatinkan, apakah sosok seperti ini dapat mengilhami semangat yg berkobar-kobar kepada para muridnya, jelas tdk logis ..justru para murid akan sangat prihatin akan kondisi Yesus tersebut.

Teori yg menyatakan bukan Yesus disalib tetapi orang yg diserupakan dgn Dia yg diatur oleh Allah (Substitution Theory), jelas membuat Allah telah berbohong/bersandiwara, mungkinkah Allah melakukan hal seperti ini ??

FAKTA 2. KUBUR YANG KOSONG

Semuanya tahu letak kuburan Yesus baik para murid maupun para tua-tua yahudi, prajurit romawi dan masyarakat umum lainnya. Namun ternyata kubur itu telah KOSONG. Jika Yesus tidak bangkit, maka lokasi jenasahnya akan diperlihatkan oleh para musuh kekristenan. Tetapi mereka tidak membantah fakta ini kecuali mengarang cerita bahwa jenasah itu telah dicuri. Apakah mungkin mereka mencuri padahal kubur itu telah dijaga ketat?

FAKTA 3. KESAKSIAN PARA WANITA

Kubur yang kosong ditemukan pertama kali oleh para wanita dan kemudian memberitakan kepada yang lain bahwa jenasah Yesus tidak ada. Jika kisah kebangkitan ini hanya rekayasa/karangan Kristen maka mereka tidak akan menuliskan kisah kesaksian para wanita, karena pada masa itu kesaksian para wanita tidak begitu dihargai termasuk dalam sidang pengadilan. Tetapi mereka tetap menulis apa yang terjadi sebagaimana adanya..

FAKTA 4. BUKTI PENAMPAKAN KRISTUS

Begitu banyak kisah-kisah perjumpaan Yesus dengan banyak orang setelah kebangkitanNya dan ini memberikan bukti kuat bahwa Dia benar-benar telah bangkit.

1 Korintus 15:4 bahwa Ia telah dikuburkan, dan bahwa Ia telah dibangkitkan, pada hari yang ketiga, sesuai dengan Kitab Suci;

1 Korintus 15:5 bahwa Ia telah menampakkan diri kepada Kefas dan kemudian kepada kedua belas murid-Nya.

1 Korintus 15:6 Sesudah itu Ia menampakkan diri kepada lebih dari lima ratus saudara sekaligus; kebanyakan dari mereka masih hidup sampai sekarang, tetapi beberapa di antaranya telah meninggal.

1 Korintus 15:7 Selanjutnya Ia menampakkan diri kepada Yakobus, kemudian kepada semua rasul.

1 Korintus 15:8 Dan yang paling akhir dari semuanya Ia menampakkan diri juga kepadaku, sama seperti kepada anak yang lahir sebelum waktunya

FAKTA 5. KEMATIAN PARA MURID & PENGIKUT KRISTUS MULA-MULA

Berdasarkan banyak referensi dari tulisan bapa-bapa gereja, semua murid-murid Yesus kecuali Yohanes telah mati sahid (martyr) bahkan Petrus mati dengan model salib terbalik. Seandainya kisah kebangkitan Yesus tidak benar atau karangan-karangan para murid. Apakah mereka mau mati untuk sebuah kebohongan? ..jelas ini konyol dan tidak masuk akal. Mereka mau berkorban menderita sampai mati karena mereka tahu dengan persis bahwa Yesus memang telah bangkit!

Demikian pula terjadi dengan para pengikut Kristus mula-mula, mereka disiksa bahkan mereka pun disalibkan lalu dibakar menjadi obor-obor dari tubuh mereka yang terbakar.

Mereka dibuang ke gelanggang untuk diadu dengan singa... begitu banyak kisah menyedihkan penderitaan mereka. Sekali lagi... mereka tetap setia karena mereka tahu bahwa Yesus benar-benar telah bangkit.

Demikian 5 FAKTA Kunci yg memberikan PEMBUKTIAN KOLEKTIF yang sangat kuat bahwa Kebangkitan Kristus bukanlah Fiksi melainkan FAKTA!!

1 Korintus 15:17 Dan jika Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah kepercayaan kamu dan kamu masih hidup dalam dosamu.

1 Korintus 15:20 Tetapi yang benar ialah, bahwa Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati, sebagai yang sulung dari orang-orang yang telah meninggal.

Selamat PASKAH !KEBANGKITAN KRISTUS ADALAH FAKTA !!.

Catatan: Pdt. Budi Asali, M.Div:  meraih gelar Master of Divinity (M.Div) dari Reformed Theological Seminary (RTS), Jackson, Mississippi, United States of America
Next Post Previous Post