MANA YANG BENAR YESUS DISALIB PUKUL 9.00 ATAU PUKUL 12.00

Pdt.Budi Asali, M.Div.
MANA YANG BENAR YESUS DISALIB PUKUL 9.00 ATAU PUKUL 12.00
Yohanes 19: 14: “Hari itu ialah hari persiapan Paskah, kira-kira jam dua belas. Kata Pilatus kepada orang-orang Yahudi itu: ‘Inilah rajamu!’”.

Markus 15:25, Hari jam sembilan ketika Ia disalibkan.

1) “Hari itu ialah hari persiapan Paskah, kira-kira jam dua belas”.
NIV/Lit: ‘about the sixth hour’ ( = kira-kira jam keenam).

Ini kelihatannya bertentangan dengan Matius 27:45 Markus 15:33 Lukas 23:44. Bdk. juga Markus 15:25.

Markus 15:25,33 - “ (25) Hari jam sembilan (Lit: jam yang ketiga) ketika Ia disalibkan. ... (33) Pada jam dua belas (Lit: jam yang keenam), kegelapan meliputi seluruh daerah itu dan berlangsung sampai jam tiga”.

Hendriksen (juga Tasker, Tyndale) menganggap ini adalah jam Romawi, dan itu berarti kira-kira pukul 6.00 pagi.

William Hendriksen: “it has been shown that in other passages the author of the Fourth Gospel in all probability used the Roman civil day time-computation. See on 1:39; 4:6; 4:52. If there, why not here?” ( = telah ditunjukkan bahwa dalam text-text lain pengarang dari Injil keempat sangat mungkin menggunakan perhitungan waktu Romawi. Lihat tentang 1:39; 4:6; 4:52. Jika di sana demikian, mengapa di sini tidak?) - hal 421.

Catatan: dalam penjelasan tentang ketiga ayat dalam kutipan di atas, saya memasukkan penjelasan William Hendriksen ke dalam penjelasan saya. Lihat buku ‘Yohanes’ jilid I dan II.

Pulpit Commentary menambahkan (hal 423) argumentasi seorang penafsir yang mengatakan bahwa rasul Yohanes menulis Injil Yohanes ini di Efesus, yang menggunakan perhitungan waktu Asia, yang sama dengan perhitungan waktu Romawi.

Tetapi penafsir lain dari Pulpit Commentary menentang pandangan ini.
Pulpit Commentary: “But if this is possible, the perplexity is rather increased than diminished. It is difficult to imagine that this stage of the proceedings could have been reached by six o’clock a.m., and that three hours still followed before the Lord was crucified” ( = Tetapi jika ini memungkinkan, hal yang membingungkan bukannya berkurang melainkan bertambah. Adalah sukar untuk membayangkan bahwa tahap pengadilan ini bisa dicapai pada pk 6.00 pagi, dan bahwa masih ada 3 jam sebelum Tuhan disalibkan) - hal 423.

Saya berpendapat bahwa argumentasi ini tidaklah terlalu kuat. Yesus diadili oleh Sanhedrin pada tengah malam, dan bisa saja Ia dibawa kepada Pontius Pilatus pada dini hari sekitar pukul. 4.00. Dan setelah penjatuhan keputusan penyaliban pada pukul. 6.00, Yesus masih harus memikul salib, dsb, sehingga merupakan sesuatu yang memungkinkan bahwa penyalibannya terjadi 3 jam setelahnya.

Saya setuju dengan penafsiran Hendriksen ini.
MANA YANG BENAR YESUS DISALIB PUKUL 9.00 ATAU PUKUL 12.00
Next Post Previous Post