5 Aspek Berdoa yang Sesuai Kehendak Tuhan (Efesus 6:18)

Efesus 6:18 TB dalam segala doa dan permohonan. Berdoalah setiap waktu di dalam Roh dan berjaga-jagalah di dalam doamu itu dengan permohonan yang tak putus-putusnya untuk segala orang Kudus

Dalam perjalanan rohani, berdoa adalah senjata utama yang dapat membedakan antara kemenangan dan kekalahan. Namun, penting untuk memahami bagaimana berdoa dengan benar agar doa kita sesuai dengan kehendak Tuhan. Paulus memberikan panduan tentang lima aspek berdoa yang sesuai kehendak Tuhan. Mari kita bahas satu per satu.
5 Aspek Berdoa yang Sesuai Kehendak Tuhan (Efesus 6:18)
1. Doa Abadi (Efesus 6:18a)

Aspek pertama dalam doa yang sesuai dengan kehendak Tuhan adalah bahwa doa harus bersifat kekal. Kita harus senantiasa berkomunikasi dengan Tuhan. Ini tidak berarti kita harus selalu berdoa dalam posisi formal, seperti berlutut dengan mata tertutup. Kita dapat berkomunikasi dengan Tuhan kapan pun dan di mana pun, seperti saat kita berjalan, berkendara, atau menjalani aktivitas sehari-hari.

Kunci utama adalah menjaga kesadaran akan kehadiran Tuhan yang konstan dan selalu berkomunikasi dengan-Nya dalam pikiran dan hati kita sepanjang hari. Ketika kita menyadari bahwa Tuhan selalu bersama kita, semua pikiran kita dapat diubah menjadi doa.

2. Doa Permohonan (Efesus 6:18b)

Aspek kedua dari doa adalah bahwa doa juga harus bersifat permohonan. Kita dapat berdoa untuk segala jenis permohonan, baik umum maupun khusus. Seringkali, doa-doa kita cenderung berfokus pada kebutuhan jasmani, seperti penyakit dan keuangan. Namun, doa yang sesuai dengan kehendak Tuhan memerlukan fokus pada permohonan yang lebih besar, seperti kekuatan untuk melawan kegelapan, mengalahkan godaan, dan menyebarkan terang kasih Tuhan kepada orang-orang di sekitar kita.

Ketika kita berdoa sesuai dengan kehendak Tuhan sebagaimana tercatat dalam Kitab Suci, kita tahu bahwa doa kita akan terkabul. Tuhan mendengarkan doa yang sesuai dengan rencana-Nya.

3. Doa yang Penuh Kuasa (Efesus 6:18c)

Ketiga, doa yang sesuai dengan kehendak Tuhan adalah doa yang dipenuhi Roh Kudus. Ini berarti bahwa ketika kita berdoa, kita harus membiarkan Roh Kudus membimbing kata-kata dan permohonan kita. Doa seperti ini dipandu oleh Kitab Suci dan sesuai dengan kehendak Tuhan.

Ketika kita berdoa dalam Roh, kita bisa yakin bahwa doa kita akan efektif. Doa yang sesuai dengan kehendak Tuhan adalah doa yang penuh kuasa dan memiliki dampak yang besar dalam dunia rohani.

4. Doa yang Tekun (Efesus 6:18d)

Aspek  keempat dalam doa yang sesuai dengan kehendak Tuhan adalah ketekunan. Terkadang, Tuhan mungkin tidak langsung menjawab doa kita karena ada peperangan rohani yang mempengaruhi waktu dan tempat jawaban doa. Ketekunan dalam berdoa memungkinkan kita untuk terus berkomunikasi dengan Tuhan, bahkan ketika jawaban doa belum terlihat.

Ketekunan juga membantu kita untuk melihat waktu yang tepat bagi Tuhan dalam menjawab doa kita atau mengubah hati kita sehingga kita lebih sejalan dengan rencana-Nya.

5. Doa yang Bertujuan (Efesus 6:18e)

Aspek kelima dalam berdoa yang sesuai dengan kehendak Tuhan adalah berdoa dengan tujuan. Kita tidak hanya harus berdoa untuk diri sendiri, tetapi juga untuk orang-orang kudus lainnya. Kita harus menjadi perantara dalam doa bagi sesama umat Kristen.

Baca Juga: Makna Doa Bagi Paulus

Ketika berdoa bagi orang lain, kita dapat meminta agar mereka tumbuh dalam kekuatan dan efektivitas dalam bidang karunia yang telah diberikan oleh Tuhan. Kita dapat berdoa agar gereja dan komunitas kita menjadi lebih kuat dan berdampak lebih besar dalam pelayanan mereka.

Dalam kesimpulan, berdoa sesuai dengan kehendak Tuhan adalah kunci untuk memenangkan peperangan rohani. Memahami dan menerapkan lima aspek berdoa ini dapat membantu kita berkomunikasi dengan Tuhan secara efektif dan berdampak dalam pelayanan kita. Semoga doa kita selalu sesuai dengan rencana dan kehendak-Nya.
Next Post Previous Post