BENARKAH YESUS DISALIBKAN DI HARI JUMAT DAN BANGKIT DI HARI MINGGU

Oleh:Pdt.Budi Asali, M.Div.
BENARKAH YESUS DISALIBKAN DI HARI JUMAT DAN BANGKIT DI HARI MINGGUMatius 12:40 - ‘3 hari 3 malam’.

Ini menyebabkan ada orang yang beranggapan bahwa Yesus mati pada hari Kamis, dan bahkan Rabu (karena Ia bangkit pada hari Minggu). Tetapi Markus 15:42 jelas menunjukkan bahwa Yesus mati pada hari Jum’at (Sabat = Sabtu; jadi ‘hari menjelang Sabat’ = Jum’at).

Markus 15:42 - “Sementara itu hari mulai malam, dan hari itu adalah hari persiapan, yaitu hari menjelang Sabat”.

Tetapi kalau Yesus mati pada hari Jum’at pk 3 siang (Lukas 23:44) dan bangkit pada hari Minggu dini hari, maka itu berarti bahwa Ia mati / ada dalam kubur hanya sekitar 38 jam. Lalu bagaimana menafsirkan Matius 12:40 yang berkata ‘3 hari 3 malam’? Jawab: INGAT BAHWA DALAM MENGHITUNG HARI, ORANG YAHUDI MENGANGGAP ‘SEBAGIAN HARI’ SEBAGAI SATU HARI PENUH!

Contoh:

1. Ester 4:16-5:1 - “(4:16) ‘Pergilah, kumpulkanlah semua orang Yahudi yang terdapat di Susan dan berpuasalah untuk aku; janganlah makan dan janganlah minum TIGA HARI LAMANYA, BAIK WAKTU MALAM, BAIK WAKTU SIANG. Aku serta dayang-dayangkupun akan berpuasa demikian, DAN KEMUDIAN AKU AKAN MASUK MENGHADAP RAJA, sungguhpun berlawanan dengan undang-undang; kalau terpaksa aku mati, biarlah aku mati.’ (4:17) Maka pergilah Mordekhai dan diperbuatnyalah tepat seperti yang dipesankan Ester kepadanya. (5:1) PADA HARI YANG KETIGA Ester mengenakan pakaian ratu, lalu berdirilah ia di pelataran dalam istana raja, tepat di depan istana raja. Raja bersemayam di atas takhta kerajaan di dalam istana, berhadapan dengan pintu istana itu”.

Perhatikan bahwa Ester 4:16 mengatakan bahwa orang-orang Yahudi itu diminta untuk berpuasa 3 hari penuh (‘baik waktu malam, baik waktu siang’), kemudian Ester akan menghadap raja. Tetapi Ester 5:1 mengatakan ‘pada hari yang ketiga’ (bukan ‘setelah hari ketiga’), Ester sudah menghadap raja. Ini menunjukkan bahwa pada hari ke 3 mereka hanya berpuasa dalam sebagian dari hari itu, tetapi toh dianggap sebagai satu hari penuh.

2. Kejadian 42:17-18 - “(17) Dan dimasukkannyalah mereka bersama-sama ke dalam tahanan TIGA HARI LAMANYA. (18) PADA HARI YANG KETIGA berkatalah Yusuf kepada mereka: ‘Buatlah begini, maka kamu akan tetap hidup, aku takut akan Allah”.

Penjelasannya sama dengan tentang Ester di atas.

3. Matius 27:63-64 - “(63) dan mereka berkata: ‘Tuan, kami ingat, bahwa si penyesat itu sewaktu hidupNya berkata: SESUDAH TIGA HARI Aku akan bangkit. (64) Karena itu perintahkanlah untuk menjaga kubur itu SAMPAI HARI YANG KETIGA; jikalau tidak, murid-muridNya mungkin datang untuk mencuri Dia, lalu mengatakan kepada rakyat: Ia telah bangkit dari antara orang mati, sehingga penyesatan yang terakhir akan lebih buruk akibatnya dari pada yang pertama.’”.

Penjelasannya sama dengan yang di atas.

4. 2Taw 10:5,12 - “(5) Tetapi ia menjawab mereka: ‘Datanglah kembali kepadaku LUSA.’ Lalu pergilah rakyat itu. ... (12) LUSAnya datanglah Yerobeam dengan segenap rakyat kepada Rehabeam, seperti yang dikatakan raja: ‘Kembalilah kepadaku LUSA.’”.

KJV: ‘after three days ... on the third day ... on the third day’ [= setelah 3 hari ... pada hari yang ke 3 ... pada hari yang ke 3].

RSV: ‘in three days ... the third day ... the third day’ [= dalam 3 hari ... hari yang ke 3 ... hari yang ke 3].

NIV: ‘in three days ... three days later ... in three days’ [= dalam 3 hari ... 3 hari lagi ... dalam 3 hari].

NASB: ‘in three days ... on the third day ... on the third day’ [= dalam 3 hari ... pada hari ke 3 ... pada hari ke 3].

Yesus mati hari Jum’at. Biarpun Ia mati hari Jum’at pada 15.00, tetapi Jum’at pk 15.00-18.00 (hanya 3 jam) dianggap / dihitung sebagai satu hari. Seluruh hari Sabtu Ia ada dalam kubur, dan itu dianggap / dihitung sebagai hari kedua. Lalu sebagian dari hari Minggu (pk 18.00 - pk 4 atau 5 pagi, ini hanya kira-kira 10 atau 11 jam) Ia masih ada dalam kubur dan itu dianggap sebagai hari ketiga. Jadi, kata-kata Yesus dalam Mat 12:40 cocok dengan apa yang Ia alami.


Satu hal yang harus diperhatikan adalah: ORANG-ORANG YAHUDI TIDAK MENGANGGAP BAHWA KATA-KATA YESUS DALAM AY 40 INI TIDAK COCOK DENGAN FAKTA BAHWA YESUS MATI / ADA DALAM KUBUR HANYA SEKITAR 38 JAM. KALAU MEREKA MENGANGGAP TIDAK COCOK, PASTI MEREKA AKAN MENUDUH YESUS SEBAGAI PENDUSTA / NABI PALSU KARENA NUBUAT / KATA-KATANYA SALAH. Tetapi dalam kenyataannya, tidak pernah ada tuduhan seperti itu!

Barnes’ Notes (tentang Matius 12:40): “‘Three days and three nights.’ It will be seen in the account of the resurrection of Christ that he was in the grave but two nights and a part of three days. ... This computation is, however, strictly in accordance with the Jewish mode of reckoning. If it had ‘not’ been, the Jews would have understood it, and would have charged our Saviour as being a false prophet, for it was well known to them that he had spoken this prophecy, Matt 27:63. Such a charge, however, was never made” [= ‘Tiga hari dan tiga malam’. Akan terlihat dalam cerita tentang kebangkitan Kristus bahwa Ia ada dalam kubur hanya dua malam dan sebagian dari 3 hari. ... Tetapi perhitungan ini secara ketat sesuai dengan cara perhitungan Yahudi. Seandainya tidak demikian, orang-orang Yahudi akan sudah mengertinya, dan akan sudah menuduh Juruselamat kita sebagai seorang nabi palsu, karena mereka tahu bahwa Ia telah mengucapkan nubuat ini, Mat 27:63. Tetapi tuduhan seperti itu tidak pernah dibuat; dan karena itu adalah jelas bahwa apa yang dimaksud oleh ramalan ini tercapai / digenapi].

Matius 27:62-63 - “(62) Keesokan harinya, yaitu sesudah hari persiapan, datanglah imam-imam kepala dan orang-orang Farisi bersama-sama menghadap Pilatus, (63) dan mereka berkata: ‘Tuan, kami ingat, bahwa si penyesat itu sewaktu hidupNya berkata: Sesudah tiga hari Aku akan bangkit”. BENARKAH YESUS DISALIBKAN DI HARI JUMAT DAN BANGKIT DI HARI MINGGU.
Next Post Previous Post