PRINSIP DASAR PENGAJARAN YESUS

Prinsip Dasar Pengajaran Yesus Ada dua hal utama yang menjadi prinsip dasar pengajaran Yesus, yaitu:

Pertama: Visi yang Jelas. Visi sanggatlah penting dan menjadi prinsip dasar dalam pengajaran. Setiap pengajar harus memiliki visi yang jauh ke depan untuk dicapai dalam setiap pembelajaran yang diberikan. Tuhan Yesus dalam pengajaran-Nya memiliki visi yang jauh ke depan. ”Yesus mengutus murid-muridNya untuk memperluas pelayanan-Nya sendiri dengan memberikan pengarahan yang spesifik untuk memandu pelayanan mereka merupakan garis besar misi Yesus (Matius10:1-42).”
PRINSIP DASAR PENGAJARAN YESUS
bisnis, otomotif
Mengembangkan pernyataan visi dan misi untuk memadukan praktik pengajaran firman yang mengidentifikasikan tujuan utama yang spesifik. Tuhan Yesus juga memiliki visi dan misi yang spesifik dalam pengajaran atau pelayanan-Nya bagi murid-murid-Nya.

Kedua: Mengajar Sesuai Kebutuhan. Tuhan Yesus dalam pengajarannya memiliki prinsip dasar yakni mengajar sesuai dengan kebutuhan. J. M Price mengatakan bahwa, ”Yesus selalu memulai pengajaranNya dengan kepentingan dan keperluan murid yang mendengar. Ia mengajarkan dari pengalaman hidup orang itu sendiri dan mengantarnya ketujuan yang hendak dicapai”. Contohnya ketika ahli Taurat bertanya bagaimana ia dapat mewarisi hidup kekal, Tuhan Yesus menarik perhatian hali Taurat itu dengan hukum yang dikenalnya (Lukas 10:25-26). Tuhan Yesus memberikan pengajaran sesuai dengan kebutuhan murid dan apa hal yang sangat dekat dengan pendengar.

Prinsip-prinsip pengajaran Tuhan Yesus menurut Kitab Injil Matius 5–7, yaitu:

1. Tuhan Yesus mengajar melalui hidup dan perbuatan-Nya (Matius 4; 4:23-24; 4:25).


2. Tuhan Yesus memakai pengalaman pendengar-pendengar-Nya untuk mengajar mereka (Matius 13:1-9; 5:15-16).

3. Tuhan Yesus terkadang memandang obyek-obyek yang konkret yang dilihat (Matius 12:16-17; 6:25-34).

4. Tuhan Yesus memakai bahan/materi/media yang tepat dan sederhana untuk mengajar (Matius

33* 4:4, 5:5).

5. Tuhan Yesus selalu memberikan kepada pendengar-Nya tanggung jawab untuk mengambil keputusan secara pribadi (Mat. 7:24-27).15 Apa yang dilakukan oleh Tuhan Yesus Kristus dalam pengajaran-Nya merupakan hal penting yang harus diaplikasikan oleh para guru Pendidikan Agama Kristen masa kini. Memang tidaklah mudah seperti yang diimajinasikan, tetapi Tuhan Yesus telah memberikan teladan yang baik bagi kita dalam mewujudnyatakan pengajaran yang berkuasa melalui pengajaran Pendidikan Agama Kristen di sekolah maupun di gereja.
Next Post Previous Post