4 HASIL KEBANGKITAN KRISTUS

Oleh: Henry Clarence Thiessen.

Apa saja hasil kebangkitan Kristus?

1. Peristiwa kebangkitan membuktikan keilahian Kristus.

Paulus mengajar bahwa Kristus "menurut Roh kekudusan dinyatakan oleh kebangkitan-Nya dari antara orang mati, bahwa Ia adalah Anak Allah yang berkuasa" (Roma 1:4). Kristus telah menunjuk kepada kebangkitan-Nya sebagai suatu tanda yang akan diberikan kepada umat Israel (Matius 12:38-40; Yohanes 2:18-22), dan Paulus menyatakan bahwa peristiwa tersebut merupakan bukti keilahian Kristus.
4 HASIL KEBANGKITAN KRISTUS
2. Peristiwa kebangkitan itu menjamin bahwa pengorbanan Kristus diterima.

Paulus mengatakan bahwa Kristus "telah diserahkan karena pelanggaran kita dan dibangkitkan karena pembenaran kita" (Roma 4:25). Kita bisa yakin bahwa Allah telah menerima pengorbanan Kristus karena Ia telah bangkit dari antara orang mati.

3. Peristiwa kebangkitan menjadikan Kristus Imam Besar kita.

Oleh kebangkitan-Nya dari antara orang mati, Kristus menjadi perantara, pembimbing, dan pelindung umat-Nya (Roma 5:9, 10; 8:34;Efesus 1:20-22; I Timotius 2:5, 6). Ia bukan hanya membebaskan kita dari perbudakan kepada dosa, tetapi Ia juga menjadi perantara bagi umat-Nya pada saat-saat mereka memerlukan pertolongan.

4. Kebangkitan Kristus menyediakan banyak berkat tambahan.

Oleh kebangkitan Kristus telah tersedia realisasi keselamatan pribadi yang disediakan-Nya dengan membuka kesempatan agar orang dapat bertobat, serta menerima pengampunan, pembaharuan, dan Roh Kudus (Yohanes 16:7; Kisah 2:3; 3:26; 5:31; I Petrus 1:3). Lagi, kebangkitan-Nya dijadikan dasar keyakinan orang-orang percaya bahwa segala kuasa yang dibutuhkan untuk hidup dan melayani Tuhan tersedia baginya (Efesus 1:18-20). Jikalau Allah dapat membangkitkan Kristus dari antara orang mati, pastilah Ia mampu memberikan segala sesuatu yang diperlukan oleh orang percaya (Filipi 3:10). 


Kebangkitan Kristus merupakan jaminan bahwa suatu hari kelak tubuh kita pun akan dibangkitkan dari antara orang mati (Yohanes 5:28, 29; 6:40; Kisah 4:2; Roma 8:11; I Korintus 15:20-23; II Korintus 4:14; I Tesalonika 4:14). Dan lagi, kebangkitan Kris­tus merupakan bukti konkret bahwa akan ada penghakiman bagi orang saleh dan orang fasik (Kisah 10:42; 17:31; bandingkan dengan Yohanes 5:22). Hari penghakiman telah ditetapkan, demikian pula hakimnya. 

Berdasarkan fakta-fakta ini, Allah telah memberi kepastian kepada semua orang dengan cara membangkitkan Kristus dari antara orang mati. Akhirnya, kebangkitan Kristus membuka jalan bagi Dia untuk duduk di takhta Daud dalam kerajaan yang akan datang (Kisah Para Rasul2:32-36; 3:19-25).
Next Post Previous Post