BOLEHKAN ORANG KRISTEN BERDEBAT?

Pdt.Budi Asali, M.Div.
BOLEHKAN ORANG KRISTEN BERDEBAT?. Paulus sering berdebat.
BOLEHKAN ORANG KRISTEN BERDEBAT? -  Pdt.Budi Asali, M.Div
gadget, education, insurance
Kisah Para Rasul 9:22,29 - “(22) Akan tetapi Saulus semakin besar pengaruhnya dan ia membingungkan orang-orang Yahudi yang tinggal di Damsyik, karena ia membuktikan, bahwa Yesus adalah Mesias. ... (29) Ia juga berbicara dan bersoal jawab dengan orang-orang Yahudi yang berbahasa Yunani, tetapi mereka itu berusaha membunuh dia.”.

Kisah Para Rasul 15:2 - “Tetapi Paulus dan Barnabas DENGAN KERAS MELAWAN DAN MEMBANTAH PENDAPAT MEREKA itu. Akhirnya ditetapkan, supaya Paulus dan Barnabas serta beberapa orang lain dari jemaat itu pergi kepada rasul-rasul dan penatua-penatua di Yerusalem untuk membicarakan soal itu.”.

Kisah Para Rasul 17:17-18 - “(17) Karena itu di rumah ibadat ia bertukar pikiran dengan orang-orang Yahudi dan orang-orang yang takut akan Allah, dan di pasar setiap hari dengan orang-orang yang dijumpainya di situ. (18) Dan juga beberapa ahli pikir dari golongan Epikuros dan Stoa BERSOAL JAWAB DENGAN DIA dan ada yang berkata: ‘Apakah yang hendak dikatakan si peleter ini?’ Tetapi yang lain berkata: ‘Rupa-rupanya ia adalah pemberita ajaran dewa-dewa asing.’ Sebab ia memberitakan Injil tentang Yesus dan tentang kebangkitan-Nya.”.

Kisah Para Rasul 18:4 - “Dan setiap hari Sabat Paulus berbicara dalam rumah ibadat dan BERUSAHA MEYAKINKAN orang-orang Yahudi dan orang-orang Yunani.”.

Kisah Para Rasul 19:8-9 - “(8) Selama tiga bulan Paulus mengunjungi rumah ibadat di situ dan mengajar dengan berani. Oleh pemberitaannya IA BERUSAHA MEYAKINKAN MEREKA tentang Kerajaan Allah. (9) Tetapi ada beberapa orang yang tegar hatinya. Mereka tidak mau diyakinkan, malahan mengumpat Jalan Tuhan di depan orang banyak. Karena itu Paulus meninggalkan mereka dan memisahkan murid-muridnya dari mereka, dan setiap hari berbicara di ruang kuliah Tiranus.”.

Kisah Para Rasul 28:23 - “Lalu mereka menentukan suatu hari untuk Paulus. Pada hari yang ditentukan itu datanglah mereka dalam jumlah besar ke tempat tumpangannya. Ia MENERANGKAN dan memberi kesaksian kepada mereka tentang Kerajaan Allah; dan berdasarkan hukum Musa dan kitab para nabi ia BERUSAHA MEYAKINKAN MEREKA tentang Yesus. Hal itu berlangsung dari pagi sampai sore.”.

BACA JUGA: YESUS KRISTUS JURUSELAMAT DUNIA

Stefanus dalam Kisah Para Rasul 6:9-10 - “(9) Tetapi tampillah beberapa orang dari jemaat Yahudi yang disebut jemaat orang Libertini - anggota-anggota jemaat itu adalah orang-orang dari Kirene dan dari Aleksandria - bersama dengan beberapa orang Yahudi dari Kilikia dan dari Asia. Orang-orang itu bersoal jawab dengan Stefanus, (10) tetapi mereka tidak sanggup melawan hikmatnya dan Roh yang mendorong dia berbicara.”.

Stefanus berdebat di bawah dorongan / pimpinan Roh Kudus! Siapa yang berani menyalahkan dia karena berdebat?

Apolos dalam Kisah Para Rasul 18:27-28 - “(27) Karena Apolos ingin menyeberang ke Akhaya, saudara-saudara di Efesus mengirim surat kepada murid-murid di situ, supaya mereka menyambut dia. Setibanya di Akhaya maka ia, oleh kasih karunia Allah, menjadi seorang yang sangat berguna bagi orang-orang yang percaya. (28) SEBAB dengan tak jemu-jemunya ia membantah orang-orang Yahudi di muka umum dan membuktikan dari Kitab Suci bahwa Yesus adalah Mesias.”.

Apolos dikatakan menjadi seorang yang sangat berguna bagi orang-orang percaya (Kisah Para Rasul 18: 27). Lalu ay 28 memberikan alasannya (terlihat dari kata ‘sebab’ pada awal Kisah Para Rasul 18: 28) ‘sebab dengan tak jemu-jemunya ia membantah ... dst’.

Catatan: Pdt. Budi Asali, M.Div:  meraih gelar Master of Divinity (M.Div) dari Reformed Theological Seminary (RTS), Jackson, Mississippi, United States of America
Next Post Previous Post