APAKAH KENAIKAN YESUS KE SURGA BUKTI KEILAHIAN-NYA?

Jimmy Jeffry. 
APAKAH KENAIKAN YESUS KE SURGA BUKTI KEILAHIAN-NYA?Kenaikan Yesus itu bisa menjadi salah satu bukti keilahianNya? jawaban Ya, tentunya dengan melihat kisah kenaikan Yesus Kristus itu secara utuh. Ada beberapa point tentang hal ini.

1. Para murid menyembah Dia saat peristiwa kenaikan itu.

Matius 28:16 Dan kesebelas murid itu berangkat ke Galilea, ke bukit yang telah ditunjukkan Yesus kepada mereka.

Matius 28:17 Ketika melihat Dia mereka menyembah-Nya, tetapi beberapa orang ragu-ragu.

Matius 28:18 Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi.

Jika Yesus bukan Allah maka Dia akan menolak penyembahan itu tetapi Dia justru meneguhkannya dengan menyatakan "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi". Ada yang mengajukan keberatan bahwa Yesus hanya diberi kuasa, tetapi penolakan ini tidak valid karena kuasa yang dimaksud adalah "segala kuasa" baik di sorga dan di bumi. Tidak ada ciptaan yang bisa memiliki kuasa seperti itu kecuali Dia adalah Allah sendiri. Penjelasan yang logis, bahwa Yesus saat menjalankan misi di dunia telah membatasi kuasaNya dan setelah selesai misiNya, Dia menerima kembali secara penuh kuasa itu yang telah Dia miliki sebelumNya.

2. Setelah Kenaikan itu Yesus duduk di sebelah kanan Allah.

Markus 16:19 Sesudah Tuhan Yesus berbicara demikian kepada mereka, terangkatlah Ia ke sorga, lalu duduk di sebelah kanan Allah.

1 Petrus 3:22 yang duduk di sebelah kanan Allah, setelah Ia naik ke sorga sesudah segala malaikat, kuasa dan kekuatan ditaklukkan kepada-Nya.

Ibrani 1:3 Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah dan menopang segala yang ada dengan firman-Nya yang penuh kekuasaan. Dan setelah Ia selesai mengadakan penyucian dosa, Ia duduk di sebelah kanan Yang Mahabesar, di tempat yang tinggi,
Idiom di sebelah kanan Allah jelas merujuk pada kesetaraan dengan Allah itu sendiri.

3. Setelah naik, Yesus akan turun sebagai Tuhan

1 Tesalonika 4:16 Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit;

Wahyu 1:7-8 Lihatlah, Ia datang dengan awan-awan dan setiap mata akan melihat Dia, juga mereka yang telah menikam Dia. Dan semua bangsa di bumi akan meratapi Dia. Ya, amin. "Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa."

4. Frase Anak Manusia dalam pernyatan Yesus itu bermakna figur yang ilahi.

Matius 26:64 Jawab Yesus: "Engkau telah mengatakannya. Akan tetapi, Aku berkata kepadamu, mulai sekarang kamu akan melihat Anak Manusia duduk di sebelah kanan Yang Mahakuasa dan datang di atas awan-awan di langit."

Matius 26:65 Maka Imam Besar itu mengoyakkan pakaiannya dan berkata: "Ia menghujat Allah. Untuk apa kita perlu saksi lagi? Sekarang telah kamu dengar hujat-Nya.

Daniel 7:13 Aku terus melihat dalam penglihatan malam itu, tampak datang dengan awan-awan dari langit seorang seperti anak manusia; datanglah ia kepada Yang Lanjut Usianya itu, dan ia dibawa ke hadapan-Nya.

Daniel 7:14 Lalu diberikan kepadanya kekuasaan dan kemuliaan dan kekuasaan sebagai raja, maka orang-orang dari segala bangsa, suku bangsa dan bahasa mengabdi kepadanya. Kekuasaannya ialah kekuasaan yang kekal, yang tidak akan lenyap, dan kerajaannya ialah kerajaan yang tidak akan musnah.

Qumran 4Q246 "He will be called son of God, and they will call him son of the Most High. .... His kingdom will be an eternal kingdom, and all his paths in truth. He will jud[ge] 6 the earth in truth and all will make peace.." Florentino Garcia & Eibert J.C. Tigchelaar, The Dead Sea Scrolls Study Edition, Brill, 1999.

Keempat point bisa dielaborasi lebih lanjut, namun point intinya jelas bahwa peristiwa Kenaikan Yesus merupakan proklamasi atas status keilahianNya. Bahwa dia duduk di sebelah kanan Allah yang menunjukan kesetaraan dengan Allah dan memiliki kuasa atas segala sesuatu yang hanya dimiliki oleh Allah.

Catatan:perbandingan kisah kenaikan Yesus dengan Elia dan Henokh, beberapa ayat kunci.
- Pernyataan Yesus
Yohanes 3:13 Tidak ada seorangpun yang telah naik ke sorga, selain dari pada Dia yang telah turun dari sorga, yaitu Anak Manusia.

- Kenaikan Yesus
Kisah Para Rasul 1:9 Sesudah Ia mengatakan demikian, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka.

- Kenaikan Henokh
Kejadian 5:24 Dan Henokh hidup bergaul dengan Allah, lalu ia tidak ada lagi, sebab ia telah diangkat oleh Allah.
Ibrani 11:5 Karena iman Henokh terangkat, supaya ia tidak mengalami kematian, dan ia tidak ditemukan, karena Allah telah mengangkatnya. Sebab sebelum ia terangkat, ia memperoleh kesaksian, bahwa ia berkenan kepada Allah.

- Kenaikan Elia
2 Raja-Raja 2:11 Sedang mereka berjalan terus sambil berkata-kata, tiba-tiba datanglah kereta berapi dengan kuda berapi memisahkan keduanya, lalu naiklah Elia ke sorga dalam angin badai.

Jika kita cermati kisah kenaikan Yesus dengan Elia dan Henokh terdapat perbedaan yang signifikan. Kenaikan Elia dan Henokh terjadi bukan karena atas inisiatif dan kemampuan mereka tetapi diangkat oleh Allah. Sangat berbeda dengan Yesus karena Dia telah merencanakan kenaikanNya dengan menyuruh para muridNya ke Galilea. Peristiwa kenaikan Elia dan Henokh terjadi secara tiba-tiba tanpa bisa dikontrol mereka, sedangkan kenaikan Yesus berada dalam kontrolNya.

Namun point yang utama terletak pada rangkaian kalimat dari pernyataan Yesus tersebut bahwa yang dimaksud tidak hanya naiknya ke surga tetapi juga turun dari surga serta penyebutan frase Anak Manusia. Hal ini telah digaungkan dalam Perjanjian Lama/Tanakh.

Amsal 30:4 Siapakah yang naik ke sorga lalu turun? Siapakah yang telah mengumpulkan angin dalam genggamnya? Siapakah yang telah membungkus air dengan kain? Siapakah yang telah menetapkan segala ujung bumi? Siapa namanya dan siapa nama anaknya? Engkau tentu tahu!
Maka pernyataan itu hanya ditujukan kepada Yesus saja, karena Elia dan Henokh tidak memenuhi kriteria ini.

Selamat Hari Kenaikan Yesus Kristus.
APAKAH KENAIKAN YESUS KE SURGA BUKTI KEILAHIAN-NYA?
Next Post Previous Post