EKSPOSISI MATIUS 16:15-20 (MAKNA PENGAKUAN PETRUS)
Matius 16:15 Lalu Yesus bertanya kepada mereka: "Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?" Matius 16:16 Maka jawab Simon Petrus: "Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!" 16:17 Kata Yesus kepadanya: "Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga. 16:18 Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat -Ku dan alam maut tidak akan menguasainya . 16:19 Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga . Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga. "Matius 16:20 Lalu Yesus melarang murid-murid-Nya supaya jangan memberitahukan kepada siapapun i bahwa Ia Mesias. (Matius 16:15-20)
bisnis, otomotif, gadget |
Engkau adalah Mesias, Anak Allah
yang hidup” (Matius 16:16)
Engkau Adalah.
Kata Aku adalah perkataan
ini dalam Perjanjian Lama digunakan sebagai
penggambaran nama Allah
Mesias.
Kata Messiah menurut Pieper adalah
sebuah kata Ibrani. menurut Abineno
ada 38 kali kata ini dipakai dan
semuanya dipakai untuk seorang yang
diurapi Tuhan. dengan melihat kata
kerja dari kata ini dalam
pengunaannya di PL, maka kata ini
berarti suatu tindakan mengurapi.
Jadi
Messiah dapat berarti tindakan
mengurapi. Abineno menegaskan
bahwa pengurapan itu adalah meterai
dari tugas yang Tuhan berikan. dalam kitab Yesaya 54:1, Mazmur 105, 1
Samuel 1:24:7,dsb; menunjukkan bahwa
kata ini juga ditujukan kepada orang
yang terurapi. Sehingga menurut
Abineno orang yang diurapi tidak
hanya disucikan melainkan diberi
kekuatan, kuasa dan kehormatan. Jadi menurut pengakuan Petrus Yesus
adalah Messiah yang di urapi untuk
memulihkan kerajaan Daud
Anak Allah yang hidup.
Dapat
diartikan bahwa Anak yang tidak ada
Anak yang lain lagi selain Dia dan
Allah yang tidak ada allah yang lain
lagi selain Dia. Dengan
memperhatikan setiap kasus dari kata-kata yang ada dalam kalimat
pengakuan Petrus, maka dapat dilakukan
pemenggalan sebagai berikut “Anak
Allah atau Anak milik Allah dan Allah
yang empunya hidup dan yang juga
pemberi hidup.” Menurut Robinson
bahwa dalam bahasa Ibrani Anak Allah
berarti seperti Allah, bukan anak yang
dilahirkan oleh Allah. Anak Allah
merupakan ungkapan logis untuk Messiah.
Jadi Anak Allah yang Hidup
adalah merupakan ungkapan yang
menyatakan oknum yang tersebut
adalah oknum yang sama seperti Allah
dan satu-satunya yang empunya hidup
dan pemberi hidup, yang dikenal oleh
Israel.
Engkau Adalah Petrus Dan Dia Atas
Batu Karang Ini Aku Akan Mendirikan
Jemaat-Ku dan Alam Maut Tidak Akan
Menguasainya” (Matius 16:18)
Batu Karang.
Petra menurut
kamus Yunani-Indonesia berarti “batu”. Batu dalam PL menurut Ellis
merupakan symbol dari pertahanan
yang tidak dapat dimasuki (Yesaya
32:2,33:16). Sekalipun tidak ada
petunjuk secara langsung apa dan
kepada siapa yang dimaksudkan
dengan batu karang, namun dalam
buku A Greek English Lexicon,
menyatakan bahwa Petra adalah kata
yang di beri untuk Rasul. hal ini
berarti berdasarkan konteks pada
waktu itu Petra dalam sebutan Yesus
di tujuhkan kepada Petrus.
Hal
tersebut ditegaskan oleh Thiessen
bahwa batu karang yang di atasnya
Kristus akan membangun jemaatNya
menunjuk kepada Petrus sebagai
pengaku, pemimpin dan wakil daripada
Rasul.
Jadi Petrus adalah batu karang
atau suatu kekuatan yang kokoh di
mana digunakan Yesus sebagai dasar
jemaatNya dan mendapat
penghargaan sebagai pengaku
pertama.
Akan Mendirikan.
Ini kata kerja, indikatif, masa
depan dan aktif. yang menurut Allen
artinya adalah “to build”. yang
berarti membangun dan mendirikan. dengan kata lain bahwa tindakan yang
sungguh-sungguh terjadi, namun di
masa yang akan dating saat
terjadinnya itu. Sehingga tindakan
membangun dan mendirikan gereja
atau jemaat memang akan sungguhsungguh terjadi atau akan di lakukan
oleh Yesus, namun realisasinya bukan
pada saat pengucapan Yesus tetapi
nanti di masa yang akan datang.
Jemaat.
Menurut Kittel arti dari
kata ini adalah kumpulan atau
pertemuan atau juga gereja/Ekklesia. di lain
pihak Vine’s menjelaskan bahwa kata
ini dalam kebudayaan Yunani
menunjuk kepada suatu badan warga
negera yang berkumpul untuk
membahas hal-hal kenegaraan.
Sedangkan dalam septuaginta kata ini
digunakan untuk menyatakan
perkumpulan Israel yang dipanggil
untuk maksud tertentu.
Melalui
pengertian tersebut di atas maka kata Ekklesia dapat berarti suatu
perkumpulan umat yang dipanggil
untuk maksud khusus untuk menjadi milik Allah. Maka ekklesia dapat juga berarti
suatu perkumpulan orang-orang yang
dipanggil oleh Yesus untuk maksud
khusus dari Yesus
Alam Maut.
Alama maut dapat diartikan
sebagai pintu gerbang dari neraka.
Pintu gerbang neraka merupakan
figurative dari kematian atau maut.
Tidak Akan Menguasainya.
Dapat
diartikan sebagai berikut: Tidak akan
menyergap, tidak akan memperoleh
penguasaan terhadap ekklesia/jemaat
“Kepadamu akan Kuberikan
Kunci Kerajaan Sorga” (Matius 16:19)
Kunci.
Douglas
berpendapat bahwa kunci adalah
symbol dari kekuatan dan
kekuasaan. Thayer menegaskan
bahwa dalam Perjanjian Baru kata
kunci merupakan makna figurative dari
kekuatan atau kekuasaan karena
orang yang memegang kunci
mempunyai kuasa untuk membuka
dan menutup.
Herr juga
berpendapat bahwa Yesus memilih
perkataan tersebut diambil dari
Perjanjian Lama dalam Yesaya 22:22,
dimana kunci rumah Daud ditaruh di
atas bahu Elyakim, yang berarti bahwa
ia boleh mengijinkan orang-orang
masuk istana raja dan menolak orangorang yang mau masuk
Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa kunci disini
merupakan figure dari kekuasaan yang
dimiliki oleh seorang yang dipercayai
tugas atau peran untuk membuka dan
menutup kerajaan sorga. Namun
menjadi hemat saya bahwa dalam
konteks ini Petrus tidak di maksud
untuk membuka dan menutup kerajaan
sorga melainkan sebagai orang
pertama yang dimana melalui Dia
kerajaan sorga diberitakan, dengan
kata lain bahwa Petrus diberi kuasa
dan kepercayaan untuk memberitakan
perihal Yesus dan misinya
Apa Yang Kau Ikat di Dunia
Akan Terikat Di Sorga dan Apa Yang
Kaulepaskan Di Dunia Akan Terlepas
Di Sorga” (Matius 16:19)
Kauikat.
Kata tersebut menurut kamus
Yunani-Indonesia berarti mengikat. juga dapat diartikan “ telah akan kau
ikat”.
Kaulepaskan.
Menurut
kamus Yunani-Indonesia berarti
“Melepaskan”. dengan demikian
kata tersebut dapat berarti telah akan
kaulepaskan.
Terikat.
Artinya tindakan terikat di sorga lebih
dahulu terjadi dari pada tindakan
mengikat dibumi.
Terlepas.
Menurut Richards artinya “melepaskan”. sehingga kata ini dapat berarti telah terlepas sempurna
Kesimpulan:
Kebenaran bahwa Yesus
adalah Mesias, Anak Allah yang hidup
atau Yesus adalah Allah dan Manusia
bukanlah semata-mata pengakuan
atau pernyataan Petrus, melainkan
sebuah penyataan Bapa di Sorga.
Jadi pengakuan Petrus harus dinilai
sebagai pengakuan yang berbeda
dengan pendapat mayotiras dan dari
penilaian pribadi Petrus dan para
murid sendiri. Hal ini membuktikan
bahwa penyataan dari Bapa diberi
tempat tertinggi, lebih dari pendapat
mayoritas bahkan dari pendapat
pribadi.
Baca Juga: Matius 16:16-19 ( Pengakuan Petrus)
Itulah sebabnya Yesus
menganugerahkan pengakuan itu dengan menjadikan mereka sebagai
dasar jemaat-Nya. Mereka diberi
kuasa untuk memberitakan Injil dan
misi-Nya, serta memberikan
kewibawaan kepada mereka sebagai
pembawa keputusan-keputusan sorga.
Oleh karena itu pengakuan Yesus
adalah Mesias harus didasarkan
kepada Iman atau dipercayai oleh
objek yang memberi pernyataan
tersebut. Sebab pengakuan yang
didasarkan kepada Iman yang kokoh
akan menghasilkan upah.
Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa makna pengakuan
Petrus mengungkapkan akan
penyataan Bapa bahwa Yesus adalah
Mesias yang dijanjikan, sekalipun
pandangan tersebut kontradiktif
dengan pandangan masyarakat,
namun mereka teguh sekalipun harus
menghadapi ancaman.
Selanjutnya
ditemukan bahwa pengakuan yang
disertai dengan Iman akan
menghasilkan upah, sebagimana
disampaikan oleh Yesus dimana
Petrus mewakili para murid memiliki
kedudukan sebagai dasar jemaat-Nya,
diberi kuasa dan kepercayaan untuk
memberitakan perihal Injil dan
Kerajaan Sorga. Keuangan Allah.