Perjalanan Roh dan Tubuh Manusia Menurut Alkitab

Pendahuluan

Dalam keyakinan dan spiritualitas manusia, konsep tentang apa yang terjadi setelah kematian selalu memikat dan membingungkan. Alkitab, sebagai salah satu teks agama yang paling penting, memberikan pandangan unik tentang nasib roh manusia setelah meninggal. Artikel ini akan menjelaskan pandangan Alkitab tentang perjalanan roh dan tubuh manusia setelah kematian
Perjalanan Roh dan Tubuh Manusia Menurut Alkitab
Roh Orang Mati Akan Kembali Kepada Allah

Alkitab mencatat bahwa roh orang yang sudah mati akan kembali kepada Allah. Di dalam Pengkhotbah 12:7 mencatat bahwa, “… roh kembali kepada Allah yang mengaruniakannya.” Dari ayat ini, kata “Allah yang mengaruniakannya” dapat dipahami sebagai ‘anugerah Allah’, karena roh yang ada pada manusia itu diberikan bukan karena permintaan manusia, melainkan inisiatif dari Allah sendiri. 

Selain itu, penting juga untuk memahami kata “kembali”, karena apa yang telah diberikan oleh Allah akan kembali kepada-Nya. Sehingga, roh yang ada pada manusia akan kembali kepada Allah yang telah mengaruniakannya. Hal itu akan kembali pada Allah apabila sudah waktunya, yaitu saat manusia mengalami kematian atau meninggalkan dunia ini. Mengenai hal ini, Scheunemann (1983, p. 7) mengatakan dalam bukunya bahwa

Sekali Allah memanggil, manusia harus berangkat. Sekali manusia pergi, ia “tidak kembali lagi” (Ayub. 10:21). Roh manusia secara mutlak berada dalam tangan dan kuasa Allah. Tak mungkin ia menunda-nunda waktu atau pun berjalan kian-kemari lagi. Kalau Allah memanggil, manusia pada detik itu juga harus taat untuk menghadap Allah, dan tak mungkin kembali lagi

Selain itu, Daud juga mengungkapkan dalam Mazmur 104:30 bahwa, “... apabila Engkau mengambil roh mereka, mereka mati binasa dan kembali menjadi debu.” Jadi, dari kedua ungkapan ayat di atas, dapat dipahami bahwa segala sesuatu yang diberikan oleh Allah kepada manusia akan kembali kepada-Nya, sehingga saat manusia mengalami kematian, rohnya akan kembali kepada Allah yang telah memberikan roh itu kepada manusia seperti yang terjadi pada awal penciptaannya (bnd. Kejadian 2:7)

Jika roh orang mati kembali kepada Allah maka menurut Nubantimo (2015, p. 410) tidak boleh ada penyembahan terhadap roh orang mati. Alasannya menurut Nubantimo adalah Alkitab menolak penyembangan terhadap roh orang mati seperti apa yang dilakukan beberapa orang Kristen yang mengunjungi makam orang yang dikasihinya pada saat-saat menjelang Natal, pergantian tahun, dan juga Paskah.

Tubuh Orang Mati Kembali Kepada Debu

Tanah Selain roh orang mati kembali kepada Allah, namun Alkitab mencatat bahwa tubuh orang mati akan kembali kepada debu tanah. Sebagaimana yang di tuliskan dalam Kejadian 2:7 bahwa, “Ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah….” Ayat ini menjelaskan bagaimana proses penciptaan manusia, yaitu tubuh manusia itu terbentuk dari debu dan tanah. Oleh karena manusia dibentuk dari debu dan tanah, sehingga pada akhirnya nanti tubuh itu akan kembali kepada keadaan semula, yaitu menjadi debu dan tanah

Mengenai hal ini, Enns (2003, p. 462) sependapat bahwa karena tubuh manusia diciptakan dari unsur-unsur debu, maka ketika kematian terjadi tubuh manusia pun kembali menjadi debu (Kejadian 3:19). Hal ini juga diungkapkan dengan jelas dalam Pengkhotbah 12:7 bahwa, “Dan debu kembali menjadi tanah seperti semula….” 

Jadi, dapat dipahami bahwa pada saat manusia mengalami kematian, keadaan tubuh dan rohnya akan terpisah, karena kematian merupakan perpisahan roh dari tubuh, kemudian perpisahan tersebut tidak lepas dari penderitaan (Ibrani 2:9; 5:7) dan pemisahan roh dari tubuh diakibatkan oleh dosa (Roma 6:23) dan manusia harus menanggungnya (Scheunemann, 1983, p. 8). Jadi, keadaan tubuh manusia pada saat mati akan kembali kepada debu dan tanah

Roh Orang Mati Tidak Bergentayangan Seperti yang diungkapkan penulis di bagian sebelumnya bahwa, roh orang mati di dalam Tuhan akan kembali kepada Allah, sedangkan roh orang mati yang tidak percaya Kristus akan masuk dalam penghukuman kekal. Artinya ialah saat manusia mengalami kematian, roh manusia tidak akan kembali ke dunia ini karena roh itu akan kembali kepada Allah. Selain itu, tubuh manusia juga tidak akan kembali seperti pada waktu ia masih hidup, karena pada saat mengalami kematian tubuh manusia akan kembali menjadi debu dan tanah. 

Jadi, jelas bahwa orang yang sudah mati tidak mungkin dapat kembali, bergentayangan (menampakkan diri) dan berkomunikasi dengan orang-orang yang masih hidup, baik keluarga, teman, maupun orang-orang lain.

Dalam Perjanjian Lama, kisah tentang Saul yang memanggil arwah Samuel merupakan suatu peristiwa yang menunjukkan bahwa pemanggilan roh-roh nenek moyang bukanlah sesuatu yang dapat dibenarkan dalam firman Tuhan. Raja Saul sangat ketakutan menghadapi orang-orang Filistin (1 Samuel 28: 5), dan dia sangat membutuhkan petunjuk dari Tuhan, walaupun pada kenyataannya Tuhan tidak menjawab ketika dia bertanya kepada Tuhan. 

Tidak ada petunjuk Tuhan baik melalui mimpi, Urim atau para nabi. Itulah yang mendorong Samuel untuk mencari petunjuk Tuhan melalui pemanggilan arwah (1 Samuel 28:13), “… perempuan itu menjawab Saul: “Aku melihat sesuatu yang ilahi muncul dari dalam bumi.” Perempuan itu mengaku adanya roh yang ilahi keluar dari bumi, yang berkenan menemuinya. Namun kebenaran bahwa roh itu berasal dari Allah, tentu harus dianalisis lebih teliti dan mendalam.

Praktik pemanggilan arwah tersebut jelas tidak sesuai dengan kebenaran firman Tuhan, karena ada beberapa alasan yang mendasar: 

Pertama, masalah inkonsistensi Saul dalam melarang dan mempraktikkan praktik pemanggilan arwah tersebut. Pada satu pihak, Saul sendiri yang melarang praktik tersebut dalam hidup umat Israel, Saul menyingkirkan di Israel para pemanggil arwah dan roh peramal (1 Samuel 28:3). 

Tetapi di lain pihak, Saul juga yang mempraktikkan pemanggilan arwah tersebut secara diam-diam (1 Samuel 28:7-12). Tindakan Saul tersebut menunjukkan ke tidak konsistenkannya terhadap masalah tersebut. Padahal larangan untuk memanggil arwah sudah ditegaskan oleh Musa, jauh sebelum Saul hidup (Imamat 19:31). Itu artinya larangan mempraktikkan pemanggilan arwah itu yang benar, sedangkan tindakan Saul itu salah, karena tidak sesuai dengan firman Tuhan.

Meskipun perempuan, pemanggil arwah itu mengatakan kepada Saul bahwa “Ada seorang tua muncul, berselubung jubah.” (1 Samuel 28:14). Namun hal itu sangat diragukan kebenarannya, karena setan, Iblis juga dapat menyamar sebagai makhluk terang, yang seolah-olah seperti Allah sendiri. Tuhan tidak menghendaki umat-Nya melakukan praktik pemanggilan roh, karena orang yang sudah mati tidak bisa lagi berhubungan dengan orang-orang yang masih hidup. Dalam Perjanjian Lama, konsep tentang keterpisahan antara dunia orang mati dengan orang-orang yang masih hidup di dunia juga sudah diajarkan dan ditegaskan

Kedua, Tuhan sudah undur dari Saul, ketika Saul memanggil roh orang mati (1 Samuel 28:15). Hal itu menunjukkan bahwa praktik pemanggilan roh orang mati, yang dilakukan oleh Saul itu tidak sesuai dengan kebenaran firman Tuhan. Allah sudah undur dari Saul, karena Saul tidak mau taat kepada firman Tuhan (1 Samuel 15:26). Artinya bahwa tindakan Saul itu tidak dalam kehendak Allah. Saul sendiri yang berinisiatif untuk melakukan pemanggilan roh, untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkannya

Ketiga, akhir hidup Saul, yang menunjukkan bahwa Saul tidak dalam keadaan hidup dalam kebenaran firman Tuhan. Saul membunuh dirinya sendiri (1 Samuel 31:4). Itu menunjukkan Saul tidak hidup dalam Tuhan. Dia memaksakan kehendaknya untuk mati karena tidak ingin jatuh di tangan musuhnya.

Dengan memperhatikan alasan-alasan di atas, dapat dimengerti bahwa praktik pemanggilan roh tersebut bukanlah praktik yang benar di hadapan Tuhan. Roh Samuel yang diakui oleh perempuan pemanggil arwah tersebut bukanlah roh nabi Samuel, karena roh orang mati tidak bisa hidup lagi, atau dengan kata lain roh orang mati tidak bisa berhubungan dengan orang yang hidup di dunia ini. 

Roh orang yang sudah mati tidak bergentayangan di antara orang-orang yang masih hidup di dunia ini, sebab dunia orang mati dengan dunia orang yang hidup sudah berbeda, yang tidak mungkin dihubungkan lagi. Jika seolah-olah orang mati bisa datang kepada orang hidup, maka hal itu patut diragukan kebenarannya, karena tidak sesuai dengan kebenaran firman Tuhan.

Tempat Roh Orang Mati

Pada saat manusia mengalami kematian jasmani (fisik), rohnya akan berada di salah satu tempat yaitu surga atau neraka. Dalam Alkitab, surga dan neraka merupakan tempat roh-roh orang yang sudah mati. Surga merupakan tempat terakhir bagi manusia yang benar, sedangkan neraka merupakan tempat terakhir bagi orang yang jahat atau fasik

Kata “sorga” dalam bahasa Ibrani adalah ‘Shamayim’ dan dalam bahasa Yunani ‘Ouranos’. Wongso (1993, p. 94) menjelaskan: Kata “Shamayim”artinya adalah segala udara yang mengelilingi bumi (Atmosfir), tempat dimana semua unggas dapat beterbangan di udara… kadang-kadang menunjukkan ruang angkasa, udara, planet-planet, awan-awan, secara fisik, ada kalanya berbakti tempat tinggal Allah serta para malaikat-Nya

Dari penjelasan di atas, dapat dimengerti bahwa “Shamayim” menunjukkan suatu eksistensi bagi orang yang sudah mati, yang diperkenan Tuhan. Secara umum, manusia pada jaman dulu (termasuk pada masa Perjanjian Lama) sampai sekarang memahami sorga sebagai suatu tempat yang ada di atas, yang berbeda dengan bumi ini. “Shamayim” dimengerti sebagai tempat tinggal Allah yang penuh dengan kemuliaan Allah. Di situlah tempat orang-orang mati dalam Tuhan tinggal.

Kata ‘surga’ dalam bahasa Yunani ialah “ouranos”, yang dimengerti suatu tempat tersendiri yang berbeda dengan bumi, tempat di langit (atau bahkan melebihi langit), yang tidak dapat dijangkau manusia, tempat atmosfer di luar angkasa, tempat yang ilahi, tempat tinggal orang-orang percaya, dan tempat di mana Allah hadir (Gingrich dan Danker, 1979, p. 593). 

Pada prinsipnya pengertian “shama-yim” dan “ouranos” sama yaitu menunjukkan suatu tempat yang berbeda dengan bumi, yang jauh di langit – yang tidak mungkin dijangkau oleh manusia, yang tidak dibatasi ruang dan waktu, suatu tempat di mana orang-orang yang percaya dan setia kepada Allah tinggal, sesudah mati. Surga merupakan eksistensi tersendiri bagi orang-orang yang mati di dalam Tuhan, tempat kediaman Allah dan penuh dengan kemuliaan-Nya.

Dalam bahasa asli Alkitab (Bahasa Ibrani), ”neraka” selalu sama artinya dengan musnah, binasa, “destruction” dan kematian (Wongso, 1993, p. 97). Neraka tidak dapat disamakan dengan “sheol” dan “hades”, karena neraka merupakan tempat penghukuman kekal. Ada beberapa istilah lain yang digunakan Alkitab untuk menjelaskan tentang ‘neraka’, yaitu dalam Matius 3:12 mencatat bahwa, “... tetapi debu jerami itu akan dibakar-Nya dalam api yang tidak pernah terpadamkan.” 

Demikian juga dalam Wahyu 21:8, “… mereka akan mendapatkan bagian mereka di dalam lautan yang menyala-nyala oleh api dan belerang ….” Jadi, neraka merupakan suatu tempat penghukuman kekal, dan penggunaan kata neraka sering menjelaskan tentang hukuman bagi orang yang tidak benar atau tidak percaya kepada Tuhan Yesus

Selain itu, neraka juga merupakan suatu tempat orang-orang yang terpisah dari hadirat Allah (Matius 7:23, Lukas 13:27 dan 2 Tesalonika 1:9). Surga dan neraka merupakan kehidupan di akhirat yang disediakan Tuhan untuk seluruh orang yang sudah mati (Brill, 2015, p. 460). Orang-orang yang mati akan dipisahkan antara yang tinggal di surga dan neraka. Allah menyediakan surga khusus bagi orang-orang mati yang di masa hidupnya percaya dan menyembah Kristus. Sebaliknya, neraka disediakan khusus bagi orang-orang mati, yang di masa hidupnya tidak mau percaya kepada Kristus.

Surga dan neraka merupakan tempat yang disediakan bagi orang-orang yang sudah mati. Surga merupakan tempat tinggal orang-orang mati yang percaya kepada Kristus, sedangkan neraka merupakan tempat bagi orang-orang mati, yang tidak perca ya Kristus. Surga terpisah dari neraka, orang yang di neraka tidak bisa pindah ke surga, sebaliknya orang yang di surga tidak bisa pindah ke neraka. 


Keberadaan masing-masing sudah ditetapkan Allah, dan tidak ada yang bisa mengubahnya. Orang-orang yang sudah ditetapkan Allah di surga, akan berada di surga kekal selamanya bersama dengan Allah. Demikian pula, orang yang ditetapkan di neraka, kekal selama-lamanya dihukum dalam nyala api yang tak terpadamkan. Decky Krisnando

Kesimpulan

Alkitab mengajarkan bahwa roh orang yang sudah mati akan kembali kepada Allah, sementara tubuh manusia akan kembali menjadi debu dan tanah. Keyakinan ini menegaskan pentingnya hubungan antara manusia dan Penciptanya, dengan roh yang akhirnya kembali kepada Sang Pemberi Hidup. Meskipun ada beberapa praktik pemanggilan arwah yang dicatat dalam Perjanjian Lama, Alkitab menunjukkan bahwa hal ini tidak sesuai dengan kehendak Tuhan.

Selain itu, Alkitab menggambarkan dua tempat akhir bagi roh yang sudah mati, yaitu surga dan neraka. Surga adalah tempat akhir bagi mereka yang hidup dengan benar dan percaya kepada Kristus, sementara neraka adalah tempat bagi mereka yang tidak benar atau tidak percaya kepada-Nya. Keduanya adalah destinasi akhir yang sudah ditetapkan oleh Allah dan tidak dapat diubah.

Dengan pemahaman ini, kita dapat merenungkan dan memahami lebih dalam tentang perjalanan spiritual manusia setelah kematian, dan bagaimana Alkitab memberikan pandangan yang kaya akan hal ini.
Next Post Previous Post