EKSPOSISI 1 YOHANES 1:9 (MENGAKU DOSA DIAMPUNI)

Teks 1 Yohanes 1:9 berbunyi: Jika kita mengaku dosa kita maka Ia adalah setia dan adil sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan kita. Kata mengaku dalam bahasa Yunani diartikan sebagai (homologeo).
EKSPOSISI 1 YOHANES 1:9 (MENGAKU DOSA DIAMPUNI)
otomotif, tutorial
Kata ini berasal dari kata dasar (homou) yang memiliki pengertian: tempat atau waktu yang sama, bersama-sama, sementara kata (logos) atau (legoo) yang berarti: kata.

Secara literal kata homologeo berarti berkata sesuatu. William D. Mounce mengartikan istilah ini dapat sebagai berbicara dengan.

Dalam penggunaannya, kata homologeo (mengaku) memiliki arti yang sangat luas sekali.

1. Pertama, kata promisse, assure artinya janji, jamin tanggung

Hal ini dapat dilihat dalam janji Allah kepada Abraham untuk membuat Abraham menjadi bangsa yang besar (Kisah Para rasul 7:17), janji dalam bentuk sumpah (Matius 14:7); hal ini berkaitan dengan janji Herodes kepada anaknya perempuan Herodias yang meminta kepala Yohanes pembaptis. Janji yang sungguh-sungguh.

2. Kedua, kata agree, admit artinya mengakui. 

Mengakui bahwa mereka dulu hanya orang asing (Ibrani 11:13). Kita mengakui bahwa kita tidak menerima anugerah.

3. Ketiga, kata confess artinya mengakui. 

Dalam bahasa hukum membuat setuju atau menyetujui (Kisah para rasul 24:14). Peralihan (transisi) dari pengertian bagian kedua di atas, mungkin ilustrasi melalui kewibawaan aksi Yohanes pembaptis. Dan juga dalam kepercayaan dan penggunaan moral jika kita mengaku dosa kita‖ (1Yohanes 1:9).

4. Keempat, kata declare artinya mengumumkan, menerangkan, melaporkan (bersifat umum). 

Kata confess yaitu mengakui, juga mengakui seseorang itu adalah; ...saya akan mengatakan dengan terus terang (Matius 7:23). Mereka mengklaim mengenal Allah (Titus 1:16).

Mereka mengakui semua tentang mereka (Kisah Para Rasul 23:8). Hal ini juga mengenai Kristus atau pengajaran tentang gereja-Nya. Jika kamu mengakui Yesus sebagai Tuhan (Roma 10:9).

Mengakui bahwa Dia adalah Mesias (Yohanes 9:22). Mengakui bahwa Yesus Kristus akan datang dalam cahaya (1Yohanes 4:2). Seseorang mengakui atau seseorang mengumumkan bahwa akan datang seseorang (1Yohanes 3:23; 4:3), jika kita mengaku akan kesiapan-Nya di mana kita akan diselamatkan ( 1Yohanes 12:42; 1Timotius 6:12).

5. Kelima, kata praise artinya memuji, pujian. 

Istilah kata yang digunakan dalam surat Ibrani. Hasil dari pujian membawa pujian bagi nama-Nya.

Kata homologeo yang berkaitan dengan pembahasan yang dimaksud adalah kata pengakuan yang berkaitan dengan iman percaya dan moral seseorang yang jatuh di dalam dosa tetapi mendapat pengampunan oleh karena statusnya orang-orang yang sudah dikuduskan secara posisi.

Orang-orang yang sudah percaya tetapi masih jatuh dalam dosa harus menghadap Tuhan dan memberikan suatu pengakuan yang berasal dari hati yang tulus karena melanggar kekudusan Allah. Orang-orang percaya tersebut harus berbicara dengan Tuhan, dengan hati yang hancur atas segala apa yang telah diperbuatnya yang melanggar kekudusan Allah.

Baca Juga: 1 Yohanes 1:9 (Pengudusan Secara Pengalaman Umat Percaya)

Pengudusan secara pengalaman meliputi partisipasi dan tanggung jawab penuh dari orang-orang percaya. Rasul Paulus berkata oleh karena orang-orang percaya telah dikuduskan dalam Kristus Yesus, maka orang-orang percaya telah memiliki janji-janji Allah dalam hidup mereka. Oleh sebab itu orang-orang percaya harus menyucikan dirinya dari segala pencemaran jasmani dan rohani sehingga menyempurnakan kekudusan tersebut dengan takut akan Tuhan (band. 2 Korintus 7:1).

Orang-orang percaya yang telah dikuduskan dalam Kristus Yesus harus memiliki tanggung jawab yang besar terhadap dirinya sendiri, harus bertanggung jawab dengan segala tindakannya. Oleh sebab itu, orang-orang percaya harus berperang melawan dosa, baik dalam aspek tubuh maupun pikiran (Rm. 12:1-2). Artikel ini lebih memfokuskan pada analisis leksikal yaitu berusaha menemukan arti dan makna kata homologeo (mengaku)1 Yohanes 1:9. Otomotif
Next Post Previous Post