Ibrani 5:7-10: Kesempurnaan Yesus sebagai Imam Besar dan Keselamatan yang Sempurna
Pendahuluan:
Ibrani 5:7-10 menegaskan peran Yesus sebagai Imam Besar yang sempurna, yang mampu menyelamatkan semua manusia. Penulis kitab Ibrani membandingkan Yesus dengan imam-imam besar lainnya dalam tradisi Yahudi, menunjukkan keunikan-Nya yang tak tertandingi. Yesus adalah Imam yang sempurna karena ketaatan-Nya, penderitaan-Nya, dan pengangkatan-Nya oleh Allah sebagai sumber keselamatan kekal bagi semua orang yang menaati-Nya.Ayat-ayat ini tidak hanya menggambarkan keilahian Yesus tetapi juga kemanusiaan-Nya yang nyata. Artikel ini mengeksplorasi makna teologis dari Ibrani 5:7-10 berdasarkan pandangan para pakar teologi, menyoroti kesempurnaan Yesus, otoritas-Nya sebagai Imam Besar, dan keunikan-Nya dalam memberikan keselamatan yang sempurna.
1. Konteks Ibrani 5:7-10
Kitab Ibrani ditulis untuk jemaat Yahudi yang mengalami tekanan untuk kembali kepada tradisi Yahudi. Penulis Ibrani berusaha menunjukkan bahwa Yesus adalah penggenapan hukum Taurat, termasuk sistem imamat Yahudi.
Dalam Ibrani 5:7-10, penulis menggambarkan Yesus sebagai Imam Besar yang sempurna, yang dipilih oleh Allah untuk menjadi perantara antara manusia dan Allah. Berbeda dengan imam besar lainnya, Yesus tidak hanya menjalankan tugas imamat tetapi juga memberikan diri-Nya sebagai korban yang sempurna.
2. Kesempurnaan Yesus Melalui Penderitaan (Ibrani 5:7-8)
"Dalam hidup-Nya sebagai manusia, Ia telah mempersembahkan doa dan permohonan dengan ratap tangis dan air mata kepada Dia yang sanggup menyelamatkan-Nya dari maut, dan karena kesalehan-Nya Ia telah didengarkan. Dan sekalipun Ia adalah Anak, Ia telah belajar menjadi taat dari apa yang telah diderita-Nya."
A. Doa dan Permohonan Yesus
Ibrani 5:7 menggambarkan kemanusiaan Yesus yang nyata dalam penderitaan-Nya. Dia mempersembahkan doa dan permohonan kepada Allah dengan ratap tangis dan air mata. Menurut Leon Morris, ini merujuk pada peristiwa di Taman Getsemani (Matius 26:36-39), di mana Yesus berdoa dengan intensitas yang luar biasa untuk menghadapi penderitaan salib.
D.A. Carson menekankan bahwa ratap tangis Yesus menunjukkan kesadaran-Nya yang mendalam akan misi penyelamatan yang melibatkan penderitaan besar. Namun, dalam penderitaan itu, Yesus tetap menunjukkan ketaatan kepada kehendak Allah.
B. Ketaatan yang Dipelajari Melalui Penderitaan
Penulis Ibrani menegaskan bahwa Yesus, meskipun adalah Anak Allah, belajar menjadi taat melalui penderitaan-Nya (Ibrani 5:8). John Owen menjelaskan bahwa ini tidak berarti Yesus sebelumnya tidak taat, tetapi penderitaan-Nya memberikan pengalaman nyata akan ketaatan dalam kondisi yang paling sulit.
John Calvin menyebutkan bahwa ketaatan Yesus adalah bukti kasih-Nya yang sempurna kepada Allah dan umat manusia. Melalui ketaatan ini, Dia menjadi teladan bagi semua orang percaya untuk menaati kehendak Allah dalam segala situasi.
3. Yesus sebagai Sumber Keselamatan Kekal (Ibrani 5:9)
"Dan sesudah Ia mencapai kesempurnaan-Nya, Ia menjadi pokok keselamatan yang abadi bagi semua orang yang taat kepada-Nya."
A. Makna Kesempurnaan Yesus
Frasa "sesudah Ia mencapai kesempurnaan-Nya" menunjukkan bahwa Yesus memenuhi syarat sebagai Imam Besar yang sempurna melalui penderitaan dan ketaatan-Nya. Menurut William Lane, kesempurnaan ini tidak merujuk pada moralitas Yesus, karena Dia sudah sempurna dalam keilahian-Nya, tetapi pada penyelesaian misi penyelamatan-Nya melalui penderitaan salib.
R.C. Sproul menambahkan bahwa kesempurnaan Yesus sebagai Imam Besar adalah hasil dari pengorbanan-Nya yang sempurna, yang memenuhi tuntutan keadilan Allah. Tidak ada imam besar lain yang dapat mencapai kesempurnaan seperti itu.
B. Sumber Keselamatan Kekal
Kesempurnaan Yesus menjadikan-Nya sumber keselamatan kekal bagi semua orang yang taat kepada-Nya. George Guthrie menjelaskan bahwa frasa ini menekankan sifat kekal dari karya penyelamatan Yesus, yang tidak memerlukan pengulangan seperti korban dalam sistem imamat Yahudi.
Timothy Keller menyebutkan bahwa keselamatan yang ditawarkan Yesus adalah inklusif, tetapi menuntut respons iman dan ketaatan dari manusia. Hanya mereka yang taat kepada-Nya yang dapat menikmati keselamatan kekal ini.
4. Yesus Dipanggil sebagai Imam Besar Menurut Peraturan Melkisedek (Ibrani 5:10)
"Dan Ia dipanggil menjadi Imam Besar oleh Allah, menurut peraturan Melkisedek."
A. Melkisedek sebagai Gambaran Yesus
Melkisedek adalah tokoh misterius dalam Perjanjian Lama (Kejadian 14:18-20) yang menjadi imam dan raja tanpa asal usul yang tercatat. Penulis Ibrani menggunakan Melkisedek sebagai tipe atau gambaran dari Yesus Kristus, Imam Besar yang tidak berasal dari garis keturunan Lewi.
F.F. Bruce menyoroti bahwa peraturan Melkisedek melambangkan imamat yang kekal dan tidak terbatas oleh hukum Taurat. Yesus adalah Imam Besar yang lebih besar dari sistem imamat Lewi, karena panggilan-Nya berasal langsung dari Allah, bukan dari keturunan manusia.
B. Keunikan Yesus sebagai Imam Besar
John MacArthur menjelaskan bahwa Yesus sebagai Imam Besar menurut peraturan Melkisedek menunjukkan otoritas dan keunikan-Nya. Tidak seperti imam besar dalam tradisi Yahudi, Yesus tidak perlu mempersembahkan korban untuk dosa-Nya sendiri, karena Dia adalah tanpa dosa (Ibrani 7:26-27).
5. Perbandingan dengan Imam-Imam Lain
A. Imam Yahudi yang Terbatas
Sistem imamat Yahudi, meskipun ditetapkan oleh Allah, memiliki keterbatasan. Imam besar adalah manusia berdosa yang harus mempersembahkan korban untuk dosa mereka sendiri sebelum mewakili umat (Ibrani 5:3).
Menurut Herman Bavinck, sistem ini bersifat sementara dan menunjuk pada kebutuhan akan pengorbanan yang lebih sempurna. Imam besar Yahudi hanya dapat menutupi dosa sementara, tetapi tidak dapat menghapus dosa secara kekal.
B. Keunggulan Yesus sebagai Imam Besar
Yesus melampaui keterbatasan imam Yahudi. Dia adalah korban dan imam yang sempurna, yang mempersembahkan diri-Nya sekali untuk selamanya (Ibrani 10:12). N.T. Wright menyebutkan bahwa karya Yesus menggenapi tujuan akhir dari sistem imamat, yaitu membawa manusia ke dalam hubungan yang sempurna dengan Allah.
6. Implikasi Teologis dari Kesempurnaan Yesus
A. Karya Penebusan yang Lengkap
Kesempurnaan Yesus berarti bahwa karya penebusan-Nya di salib bersifat lengkap dan final. Tidak ada korban tambahan yang diperlukan untuk dosa.
Michael Horton menjelaskan bahwa ini memberikan jaminan kepada orang percaya bahwa keselamatan mereka tidak tergantung pada usaha mereka tetapi pada karya sempurna Kristus.
B. Ketaatan sebagai Respons terhadap Keselamatan
Frasa “bagi semua orang yang taat kepada-Nya” dalam Ibrani 5:9 menekankan pentingnya respons manusia terhadap keselamatan. Menurut Karl Barth, keselamatan adalah anugerah Allah, tetapi manusia dipanggil untuk menaati Kristus sebagai bagian dari hidup dalam anugerah itu.
C. Hubungan Pribadi dengan Allah
Kesempurnaan Yesus sebagai Imam Besar membuka jalan bagi hubungan pribadi antara manusia dan Allah. Tidak ada lagi penghalang, karena Yesus telah menjadi perantara yang sempurna.
7. Relevansi Praktis Ibrani 5:7-10
A. Penghiburan dalam Penderitaan
Penderitaan Yesus menunjukkan bahwa Dia memahami pergumulan manusia. Orang percaya dapat datang kepada-Nya dengan penuh kepercayaan, mengetahui bahwa Dia adalah Imam Besar yang berbelas kasih (Ibrani 4:15-16).
B. Panggilan untuk Taat
Yesus memberikan teladan ketaatan sempurna kepada kehendak Allah, bahkan dalam penderitaan. Umat Kristen dipanggil untuk meneladani ketaatan-Nya, menyerahkan hidup mereka kepada Allah.
C. Keyakinan dalam Keselamatan
Keselamatan yang ditawarkan Yesus adalah kekal dan tidak dapat diganggu gugat. Ini memberikan keyakinan dan pengharapan bagi orang percaya bahwa iman mereka tidak sia-sia.
Kesimpulan
Ibrani 5:7-10 menegaskan bahwa Yesus adalah Imam Besar yang sempurna, yang mampu menyelamatkan semua manusia secara kekal. Melalui penderitaan dan ketaatan-Nya, Yesus memenuhi syarat sebagai sumber keselamatan kekal.
Pandangan para teolog seperti Leon Morris, John Calvin, dan R.C. Sproul memperjelas bahwa kesempurnaan Yesus melampaui sistem imamat Yahudi yang terbatas. Sebagai Imam Besar menurut peraturan Melkisedek, Yesus memiliki otoritas unik yang diberikan langsung oleh Allah.
Relevansi praktis dari ayat ini sangat nyata: Yesus mengundang kita untuk menemukan penghiburan dalam penderitaan, meneladani ketaatan-Nya, dan hidup dengan keyakinan dalam keselamatan kekal. Dalam Kristus, kita memiliki Imam Besar yang sempurna, yang telah membuka jalan bagi hubungan kekal dengan Allah.