RUT 3:1-18 (USAHA NAOMI, RUT DAN BOAS)

Pdt.Budi Asali, M.Div.
Pada pelajaran-pelajaran yang lalu, kita sudah melihat bahwa Naomi dan Rut mengalami saat-saat yang sangat gelap dalam kehidupan mereka. Tetapi, lalu muncul titik terang dalam kehidupan mereka, yaitu dengan munculnya dan tertariknya Boas kepada Rut. Naomi melihat titik terang itu, dan ia yakin itulah kehendak / rencana Allah. Karena itu dalam Rut 2:20, ia memuji Tuhan. Tetapi, tidak berarti bahwa ia tak perlu berusaha. Ia berusaha!
RUT 3:1-18 (USAHA NAOMI, RUT DAN BOAS)
I. Usaha Naomi:

1. Naomi menyelidiki tentang Boas

Dari mana kita tahu bahwa Naomi menyelidiki tentang Boas? Lihat Rut 3: 2! Boas jelas sekali tak pergi ke tempat pengirikan setiap malam. Tetapi Naomi bisa tahu bahwa Boas akan pergi ke sana malam itu! Juga perhatikan Rut 3: 18! Naomi bisa tahu sifat Boas sebagai orang yang tak akan berhenti sebelum menyelesaikan suatu perkara!

Dari penyelidikan ini, rupa-rupanya Naomi mendapat kesimpulan bahwa sekalipun Boas tertarik kepada Rut, tetapi Ia ‘sungkan’ kepada Rut. Karena itulah maka Naomi melakukan usaha yang ke 2

2. Naomi menasehati Rut (Rut 3: 1-4)

Dalam Rut 3: 3, Naomi menyuruh Rut berurap (yaitu memakai minyak wangi) dan juga untuk mengenakan pakaian yang bagus.

Dalam Rut 3: 4, Naomi menyuruh Rut untuk:

memperhatikan baik-baik tempat Boas berbaring. Ini perlu supaya tak keliru dengan orang lain.
mendekati Boas
menyingkapkan selimut pada bagian kaki Boas. Hal ini akan menyebabkan Boas terbangun karena merasa dingin
berbaring di kaki Boas. Ini suatu posisi yang rendah, menunjukkan Rut sebagai pemohon

II. Apa yang dilakukan oleh Rut:

Dalam Rut 3: 5-7 terlihat bahwa Rut mentaati nasehat Naomi dan berbuat persis seperti yang dikatakan oleh Naomi.

Setelah Boas terbangun dan bertanya: "Siapakah engkau?", maka Rut menjawab dalam Rut 3: 9:
Rut menyebut dirinya sendiri sebagai ‘hamba’. Ini lagi-lagi menempatkan diri dalam posisi yang rendah. Rut tidak bersikap seakan-akan ia berhak untuk ditebus oleh Boas, tetapi ia menunjukkan sikap sebagai seorang pemohon.
’Kembangkanlah sayapmu’. Kata ‘sayap’ bisa diartikan 2 macam:

a. sayap burung. Arti: minta perlindungan

b. kain penutup tempat tidur yang menyelimuti suami istri

Tidak jadi soal yang mana arti yang benar, tetapi kata-kata Rut itu jelas artinya. Ia memohon supaya Boas mengawini dia

Sekarang mungkin perlu kita teliti, apakah usaha yang dilakukan oleh Naomi dan Rut ini termasuk dosa atau tidak

Sebetulnya tidak ada salahnya bahwa seorang perempuan bertindak agresif (kecuali kebudayaan / kebiasaan setempat menganggap hal itu sebagai sesuatu yang negatif). Tetapi, bagaimana dengan mendatangi seorang laki-laki yang sedang tidur, menyingkapkan selimutnya dan tidur di sana? Dosakah hal ini?

Ada orang-orang yang menganggap tidak dosa, karena hal itu adalah tradisi!

Kalau memang hal itu adalah tradisi, maka mungkin sekali hal itu memang tak bisa disalahkan. Tetapi, betulkah bahwa hal itu adalah tradisi? Dalam bagian lain dari Kitab Suci, tidak pernah ada peristiwa seperti itu. Juga dalam buku-buku tentang tradisi Israel, hal seperti itu tidak pernah ada!

Jadi, haruslah disimpulkan bahwa hal itu adalah sesuatu yang kelewat batas. Dan hal itu pasti punya resiko yang besar (Rut 3: 14)

Apa yang mereka lakukan disini adalah ‘membantu Tuhan dengan caranya sendiri yang adalah cara duniawi’. Ini sama dengan yang dilakukan oleh Abram dan Sarai dalam Kej 16, dimana mereka ‘membantu Tuhan’ supaya bisa memberikan anak dengan cara menjadikan Hagar sebagai istri Abram. Ini juga sama dengan yang dilakukan oleh Yakub dan Ribka, pada waktu mereka menipu Ishak untuk mendapatkan berkat (Kejadian 27)

III. Reaksi Boas:

1. Dalam Rut 3: 8 dikatakan bahwa Boas terkejut, lalu bangun. Lalu dikatakan bahwa Boas ‘meraba-raba sekelilingnya’. Ini salah terjemahan. Seharusnya terjemahannya adalah ‘he turned’ (= ia berbalik). Lalu ia bertanya: "Siapakah engkau?"

2. Setelah ia tahu bahwa itu adalah Rut, dan setelah ia mendengar bahwa Rut memohon supaya ia mengawini Rut, maka Boas lalu mengucapkan Rut 3: 10-11:

’kasih yang lebih nyata’. Mula-mula Rut menunjukkan kasih kepada Naomi. Sekarang, ia menunjukkan sikap bertanggung jawab kepada keluarga, yang ia tunjukkan dengan tidak mengejar-ngejar ‘orang muda’ (= choice men = orang pilihan / hebat), tetapi memilih ‘penebus’ yang jauh lebih tua dari dirinya sendiri

’setiap orang dalam kota kami tahu bahwa engkau seorang perempuan baik-baik’. Kata Ibrani yang diterjemahkan ‘baik-baik’ adalah CHAYIL yang arti sebetulnya adalah ‘kaya’ (misalnya dalam Rut 2:1), tetapi disini bisa diartikan ‘berharga’

Dari kata-kata Boas yang memuji-muji Rut ini terlihat dengan jelas bahwa Boas senang kepada Rut. Kalau ia tidak senang kepada Rut, maka melihat tindakan Rut yang kelewat batas itu, pasti ia akan marah dan mengusir Rut

Bagi Boas, apa yang dilakukan oleh Rut adalah ‘titik terang’!

3. Melihat titik terang ini, Boas tidak pasif saja, tetapi ia berusaha. Ia berusaha untuk mengawini Rut, tetapi Boas melakukan usahanya dengan memperhatikan ‘aturan mainnya’ (Rut 3: 13)
’penebus’. Sdr suami harus mengawini jandanya. Kalau tak ada sdr, maka keluarga suami yang terdekatlah yang harus melakukan hal itu
Ada urut-urutan dalam menebus. Keluarga yang lebih dekat, lebih berhak dalam menebus
Boas tak mau melanggar hak dari keluarga yang lebih dekat itu
Kalau orang itu tidak mau menebus, Boas bersumpah (untuk memberi kepastian kepada Rut), bahwa ialah yang akan menebus.

4. Selanjutnya, Boas lalu menasehati Rut (Rut 3: 14)

Ayat itu menunjukkan bahwa Boas tidak hanya memperhatikan kesucian di hadapan Allah saja, tetapi juga di hadapan manusia. Bagaimana dengan saudara?

Juga Boas menasehatkan seperti itu, karena ia tidak mau nama baik Rut menjadi tercemar, karena ia melihat adanya kemungkinan Rut diambil menjadi istri oleh penebus yang lain (yang lebih berhak dari Boas). Sebetulnya, kalau nama baik Rut tercemar, maka lebih kecil kemungkinannya bahwa penebus yang lebih dekat itu mau menebus, sehingga lebih besar kemungkinannya bagi Boas untuk bisa mengawini Rut. Tetapi Boas tidak mau menggunakan cara-cara duniawi yang kotor!

Kesimpulan:

Baik Naomi / Rut, maupun Boas sama-sama melihat titik terang. Mereka sama-sama berusaha. Mereka sama-sama berserah (Naomi dalam Rut 3: 18, Boas dalam Rut 3: 13).

Tetapi tetap ada perbedaan di antara mereka! Naomi dan Rut melakukan usaha yang kelewat batas, tetapi Boas tidak!

Bagaimana dengan saudara? Kalau sdr berusaha untuk melakukan sesuatu, apakah saudara melakukannya dengan mempedulikan batasan-batasan FT seperti Boas, atau saudara melakukannya tanpa mempedulikan batasan-batasan FT seperti Naomi / Rut?.RUT 3:1-18 (USAHA NAOMI, RUT DAN BOAS)

Catatan: Pdt. Budi Asali, M.Div:  meraih gelar Master of Divinity (M.Div) dari Reformed Theological Seminary (RTS), Jackson, Mississippi, United States of America
-AMIN-
Next Post Previous Post