Pemeliharaan Allah (Providence of God)

Pemeliharaan Allah (Providence of God)

Pengertian Istilah Istilah "Providensia" berarti pemeliharaan Allah, berasal dari bahasa Latin yaitu proaide, dari kata pro (sebelumnya) dan oidere (membekali), maka proaide berarti menyediakan sebelumnya atau melihat.a8 Providensia Allah juga dapat dimengerti sebagai pemeliharaan Allah terhadap ciptaan-Nya melalui berbagai proses yang telah ditetapkannya, yang kurang lebih bisa disebut sebagai hukum-hukurn alam. 
Pemeliharaan Allah (Providence of God)
Maksudnya adalah pemeliharaan melalui hal-hal yang bersifat alamiah atau wajar, mungkin pula bersifat adikodrati. Perlu sekali diketahui, bahwa meskipun disebut sebagai hukum alam, hal yang wajar atau alamiah, bahkan dianggap sebagai suatu kebetulan. Tetapi Alkitab jelas. sekali menyatakan, bahwa semuanya tidak lepas dari pemeliharaan Allah (Matius 5:45; Mazmur104:14; Ayub.37:10,L2). 

Alkitab memberikan banyak bukti bahwa setelah selesai mencipta, Allah masih terus campur tangan atas jalannya sejarah dunia ini. Allah terus menerus memelihara kelangsungan dunia, Ia melindungi semua makhluk-Nyu, Ia bertindak dalam segala peristiwa yang terjadi dalam dunia ini, bahkan Allah mengarahkan segala sesuatu pada tujuan akhir yang telah ditetapkan-Nya. Dalam iman Kristen, konsep ini disebut sebagai providensia Allah atau pemeliharaan Allah.

]adi, ketika Alkitab berbicara tentang pemeliharaan Allah, maka Alkitab memberikan indikasi bahwa pemeliharaan Allah mencakup seluruh aspek hidup manusia ,di dalam dunia. I(arenanya, pemeliharaan Allah juga meliputi keberadaan bangsa-bangsa di dunia (Dan. 4:25;Kisah Para Rasul t7:26), mencakup keberadaan seluruh individu (I Samuel 2:6-8), bahkan mencakup seluruh tindakan bebas manusia (Ansal 1"6:1.; Filipi 2:13;Mazmur 76:10)

Hubungan Pemeliharaan Allah dan Kejahatan

Telah dibahas bahwa adanya kejahatan dan penderitaan yang dialami manusia saat ini, tidak bisa terlepas bahwa manusia sudah jatuh ke dalam dosa. Dan adanya fakta bahwa setelah selesai mencipta, Allah masih terus campur tangan atas jalannya sejarah dunia ini, akan menimbulkan pertanyaan lain yang mempertanyakan bagaimana hubungan antara campur tangan Allah dengan masuknya dosa ke dalam dunia yang mengakibatkan adanya kejahatan dan penderitaan.

Tanya-Jawab Pemeliharaan Allah (Providence of God)

1. Apa itu Pemeliharaan Allah?

Pemeliharaan Allah adalah kepercayaan bahwa Allah mengatur, memelihara dan menjaga segala sesuatu di dunia ini.

2. Apa perbedaan antara Pemeliharaan Allah dan Takdir?

Pemeliharaan Allah dan Takdir adalah konsep yang sering dibicarakan dalam agama. Meskipun keduanya terkait dengan kepercayaan pada kekuasaan Allah, namun keduanya memiliki perbedaan.

Pemeliharaan Allah mengacu pada tindakan Allah dalam menjaga dan memelihara ciptaan-Nya, termasuk manusia. Dalam konsep ini, Allah mempunyai kuasa untuk mempengaruhi kejadian dan tindakan manusia melalui bantuan, perlindungan, dan pengarahan-Nya.

Sedangkan Takdir adalah konsep bahwa segala sesuatu yang terjadi telah ditentukan sebelumnya oleh Allah. Dalam pandangan ini, manusia tidak memiliki kebebasan untuk memilih atau mengubah apa yang telah ditetapkan oleh Allah.

Dengan demikian, perbedaan antara Pemeliharaan Allah dan Takdir terletak pada kebebasan manusia dalam mengambil tindakan. Dalam Pemeliharaan Allah, manusia memiliki kebebasan untuk memilih tindakan mereka, sementara dalam Takdir, segala sesuatu telah ditentukan sebelumnya oleh Allah.

3. Bagaimana Pemeliharaan Allah mempengaruhi kehidupan sehari-hari?

Pemeliharaan Allah atau Providence of God adalah keyakinan bahwa Tuhan memelihara dan mengatur alam semesta serta mengarahkan kehidupan manusia menuju tujuan tertentu. Keyakinan ini mempengaruhi kehidupan sehari-hari dengan memberikan rasa aman dan percaya diri pada manusia bahwa ada kekuatan yang lebih besar yang mengatur kehidupan mereka.

Dalam kehidupan sehari-hari, pemeliharaan Allah juga dapat mempengaruhi cara pandang manusia terhadap kejadian-kejadian yang terjadi di sekitar mereka. Ketika mengalami masa-masa sulit atau cobaan, keyakinan pada pemeliharaan Allah dapat memberikan ketenangan dan harapan bahwa ada maksud baik di balik semua itu. Keyakinan ini juga dapat mendorong manusia untuk berbuat baik dan berbuat adil, karena mereka percaya bahwa Tuhan akan membalas perbuatan baik mereka.

Baca Juga: Buku Providence of God (Edisi Terbaru 2)

Namun, keyakinan pada pemeliharaan Allah juga tidak boleh dijadikan sebagai alasan untuk tidak bertindak atau mengambil tanggung jawab atas kehidupan sendiri. Manusia tetap harus berusaha dan bekerja keras untuk mencapai tujuan mereka, sambil tetap percaya bahwa Tuhan akan membimbing mereka menuju kebaikan.

4. Apakah semua kejadian di dunia ini merupakan bagian dari Pemeliharaan Allah?

Ya, dalam keyakinan banyak agama, semua kejadian di dunia ini merupakan bagian dari Pemeliharaan Allah. Pemeliharaan Allah merujuk pada keyakinan bahwa Allah menjaga dan memelihara segala sesuatu yang ada di dunia, termasuk kejadian-kejadian yang terjadi. 

Namun, terkadang kejadian tersebut dianggap sebagai ujian atau cobaan bagi manusia untuk menguji keimanan dan kesabaran mereka. Keyakinan ini juga menyatakan bahwa Allah memiliki rencana dan tujuan tertentu dalam setiap kejadian yang terjadi, meskipun manusia mungkin tidak selalu memahaminya.
Next Post Previous Post